Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemberkatan caleg supaya tahan mental

Pemberkatan para caleg oleh Uskup Agung Merauke, Minggu (17/3/2019) – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

DOA dihaturkan seiring percikan air keberkatan. Dukungan menuju kesuksesan merestui setiap langkah mereka dalam berkompetisi politik.

“Kalian diutus sebagai tanda kehadiran Allah. Saya berharap caleg seperti (mencontohi) Yesus, yang membawa keselamatan dan menebus dosa umat manusia,” kata Uskup Agung Merauke, Mgr Nicolaus Adi Seputra.

Nicolaus memimpin pemberkatan terhadap para calon anggota legislatif (caleg) beragama Katolik di Merauke. Pemberkatan berlangsung di Gereja Santo Yoseph Bambu Pemali, Sabtu (16/3/2019). Sebanyak lima pastor turut mendampingi Nicolaus memimpin doa.

“Meskipun hari ini adalah misa umat, wujudnya ialah perutusan bagi para caleg. Caleg setiap hari saling bertemu dan dengan siapa saja. Ini merupakan tanda kehadiran Allah yang nyata,” lanjut Nicolaus.

Loading...
;

Misa dihadiri ratusan umat. Mereka turut mendoakan perjuangan para calon wakil rakyat tersebut. Uskup Agung Nicolaus berharap para caleg mampu menyatukan masyarakat tanpa memandang latar belakang agama. Mereka harus membawa keselamatan dan kesejahteraan bagi seluruh umat manusia

“Kami (rohaniwan Katolik) tidak mungkin duduk di legislatif. Jadi, Anda merupakan caleg yang diutus gereja untuk menyuarakan aspirasi umat, masyarakat, dan bangsa,” kata Nicolaus.

Uskup Agung berharap misa perutusan ini bukan yang terakhir kali digelar mereka. Para caleg yang terpilih hendaknya rutin menyambangi gereja untuk mengikuti misa. Ini guna mempertebal keimanan sehingga kuat dalam menghadapi setiap cobaan dan godaan jabatan.

Nicolaus lantas mengutip pesan Yesus Kristus dalam Injil, datanglah kepada-Ku, kalian yang letih, lesu dan berbeban berat. Aku akan memberi kelegaan kepadamu.

“Memikul amanat rakyat itu tidak gampang. Tantangannya banyak, dan godaan juga berat. Belakangan ini banyak pejabat ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi. Mudah-mudahan itu tidak terjadi pada kalian,” jelasnya.

Uskup Agung Nicolaus menilai caleg sering lupa diri setelah terpilih sehingga akhirnya tergelincir dalam berbagai kasus. Mereka lalai, dan mengabaikan niat suci untuk membangun negara.

Nicolaus mengibaratkan perjalanan hidup itu laksana meniti di batu besar. Akibat tidak berhati-hati, banyak yang tergelintir justru karena kerikil.

“Kami mendoakan para caleg agar setelah terpilih selalu memegang prinsip hidup berkecukupan (tidak serakah). Terkadang ada tawaran bagus (menggoda) sehingga akhirnya tergelincir,” katanya.

Jangan politisasi agama

Uskup Agung Merauke juga mengingatkan para caleg bersiap dikuliti, dan menjadi sasaran tembak para pengkritik. Kinerja mereka bakal selalu disoroti masyarakat dan media massa. Karena itu, dia berharap para caleg terus memperbaiki diri di sisa waktu pencalonan.

“Mereka yang sakit sebaiknya tidak memaksakan diri. Begitu pula yang hanya bertujuan mencari keuntungan pribadi, sebaiknya mundur dari pencalonan,” kata Nicolaus.

Dia mengkritik kebiasaan umum para caleg yang sulit diajak bekerja sama bahkan dihubungi ketika telah duduk di parlemen.

“Anggota DPRD jangan mudah tersinggung. Kalau mudah tersinggung, relasi dengan masyarakat akan habis.”

Para caleg juga diminta Nicolaus realistis dalam menyikapi hasil pemungutan suara.

“Kalau pada akhirnya tidak terpilih, jangan saling menyalahkan. Caleg harus realistis menerima kekalahan. Kursi yang diperebutkan itu terbatas.”

Uskup Agung mewanti-wanti para caleg  tidak mempolitisasi agama untuk meraih dukungan suara. Mereka tidak sepatutnya memanfaatkan ayat-ayat suci untuk menyerang dan melukai perasaan umat lain agama.

Misa perutusan memberi spirit baru bagi para caleg untuk terus meraup simpati calon pemilih masing-masing. Caleg berterima kasih kepada Uskup Agung Merauke yang telah memberkati pencalonan mereka.

“Pemberkatan dari Uskup Agung Merauke menjadi kekuatan dan semangat baru bagi kami untuk terus meyakinkan (para caon) pemilih masing-masing,” kata seorang caleg DPRD Merauke Petrus Watratan. (*)

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top