Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pembinaan narapidana hadapi sejumlah kendala di Nabire

Kepala LP Nabire Sopian – Jubi/Titus Ruban.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Pihak Lembaga Pemasyarakatan (LP) Nabire kesulitan dalam mengembangkan program pembinaan keterampilan bagi narapidana. Tenaga ahli sebagai instruktur pelatihan sangat kurang, dan pemasaran produk juga terkendala.

“Ada empat program kemandirian untuk warga binaan (narapidana), yakni pembuatan paving block, peternakan ayam dan lele, kerajinan noken serta meubeler. Namun, itu belum meng-coverage (melibatkan seluruh narapaidana),” kata Kepala LP Nabire Sopian kepada Jubi, Selasa (19/11/2019).

Untuk mengatasi persoalan itu, pihak lapas menggandeng balai latihan kerja (BLK) dan sejumlah instansi pemerintah setempat. Mereka ikut melatih dan meningkatkan keterampilan para narapidana.

Walaupun begitu, ada sejumlah program keterampilan tidak berjalan. Pihak LP masih sulit mendapatkan tenaga terampil sebagai pelatih atau instruktur. Itu semisal pada keterampilan menjahit dan las.

Loading...
;

Kendala lain ialah pemasaran. Produk kerajinan para narapidana belum banyak diminati masyarakat. Sopian menduga itu terjadi lantaran masih ada stigma atau pandangan negatif terhadap narapidana maupun mantan narapidana di Nabire.

“Keberhasilan program pembinaan bergantung kepada tiga faktor, yakni kemauan warga binaan, kapasitas petugas, dan peran serta pemerintah bersama masyarakat. Jadi, masyarakat juga harus berpartisipasi dengan tidak memusuhi (antipati terhadap) narapidana maupun mantan narapidana,” jelas Sofyan.

Anggota terpilih DPRD Nabire Gunawan Inggeruhi mengatakan ketidakpekaan pemerintah maupun masyarakat terhadap masa depan mantan narapidana membuat pola pembinaan menjadi banyak tidak berarti.

“Ini fenomena yang sering terjadi (antipati masyarakat). Pihak LP sudah berupaya membina, tetapi respon pemerintah dan masyarakat belum tepat sehingga narapidana akan sering keluar-masuk LP,” kata Inggeruhi. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top