Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemda diminta beradaptasi dengan kepentingan masyarakat

Siswa IPDN saat mengibarkan bendera merah putih di upacara peringatan hari otonomi daerah ke-23, di Jayapura – Jubi/Alex

Jayapura, Jubi – Peringatan Hari Otonomi Daerah ke-23 di lingkungan pemerintah provinsi Papua, dilakukan lewat pelaksanaan upacara gabungan yang dilaksanakan di halaman Kantor Gubernur Papua, Jl. Soa Siu Dok II Jayapura, Senin (6/5/2019).

Wakil Gubernur Papua Klemen Tinal dalam arahannya mengklaim, perjalanan otonomi daerah (Otda) pasca reformasi hingga saat ini bisa dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai.

“Pemerintah daerah harus dapat beradaptasi dengan kepentingan masyarakat, dimana masyarakat semakin menyadari akan hak dan kewajibannya sebagai warga negara dalam mendapatkan pelayanan,” kata Klemen Tinal saat membacakan amanat Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, di Jayapura.

Di samping itu, ujar ia, pemerintah daerah juga diharapkan mampu meningkatkan daya saing dengan memperhatikan prinsip demokrasi, pemerataan, keadilan, keistimewaan, kekhususan serta potensi keanekaragaman daerah.

Sebab lanjutnya, dengan desentralisasi yang telah berjalan selama ini maka berbagai kebijakan yang menyangkut kepentingan masyarakat tidak lagi harus malalui proses yang panjang dan berbelit-belit, tetapi menjadi lebih efisien dan responsif.

Dalam artian, masyarakat dapat berpartisipasi aktif untuk turut serta membangun daerahnya, dikarenakan melalui kebijakan desentralisasi, pemerintah daerah telah diberikan kewenangan yang lebih luas dalam mengelola, menggarap potensi ekonomi yang ada di daerah. Dengan demikian, berbagai aktifitas ekonomi di daerah dapat tumbuh dengan pesat.

Loading...
;

“Di era perkembangan Otda, posisi masyarakat bukan hanya konsumen pelayanan publik sehingga semua ASN di daerah harus mampu memberikan pelayanan publik yang lebih baik,” ujarnya.

“Otda secara nyata telah mendorong budaya demokrasi di tengah-tengah kehidupan masyarakat, mampu mengembangkan sistem berkumpul, berserikat serta mengemukakan pikiran secara terbuka bagi seluruh masyarakat,” sambungnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top