Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemerintah baru PNG berjanji fasilitasi Referendum Bougainville

Menteri urusan Bougainville PNG yang baru, Sir Puka Temu. – The National

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Moresby, Jubi – Menteri Urusan Bougainville yang baru, Sir Puka Temu, berencana untuk menyediakan semua sumber daya dan fasilitas yang diperlukan oleh pemerintah dan orang-orang Bougainville, untuk memastikan referendum Oktober mendatang itu kredibel.

Sir Puka berjanji ia akan mengupayakan dukungan dana dari Pemerintah PNG dan mitra-mitra pembangunan lainnya, untuk melaksanakan program kesadaran publik dan sosialisasi di Bougainville dan di Papua Nugini.

Secara khusus, menurut Sir Puka, apa yang perlu ditetapkan adalah proses selanjutnya setelah referendum. Selain itu, jangka waktu bagi Parlemen untuk meratifikasi hasil negosiasi pasca-referendum juga harus ditetapkan. Ia menambahkan bahwa program sosialisasi dan kegiatan publik lainnya, akan dilakukan untuk mempersiapkan masyarakat menerima keputusan akhir yang akan diambil oleh Parlemen.

Ia menegaskan bahwa Perdana Menteri James Marape telah memintanya, untuk memastikan proses dan hasil referendum itu kredibel, jadi ia akan berusaha sebaiknya.

Loading...
;

PM Marape telah berterima kasih kepada Sir Puka karena menerima penunjukannya untuk kementerian tersebut.

Marape juga mengungkapkan, ia ingin Bougainville menerima semua dukungan yang mereka perlukan menjelang referendum tahun ini.

“Pada saat seperti ini, ketika negara kita dihadapkan dengan persoalan-persoalan terkait Referendum Bougainville, kita memerlukan seseorang yang kuat, stabil dan berpengalaman,” katanya, saat mengumumkan penunjukkan Sir Puka. (The National)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top