Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemerintah dinilai belum menempatkan masyarakat adat sebagai mitra

Ilustrasi masyarakat adat Papua – Jubi. Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Papua belum sepenuhnya menempatkan masyarakat adat sebagai mitra kerjanya. Hal itu dikatakan Enius Lokobal, satu diantara pemuda Kabupaten Jayawijaya, terkait peringatan hari masyarakat adat sedunia tahun ini, yang jatuh pada 8 Agustus.

“Kalau orang asli Papua mau aman, nyaman dan damai, kembalikan mereka pada struktur adat (pemerintahan berbasis adat). Biarkan mereka diatur oleh adat dalam tatanan kampung adat. Dengan begitu orang asli Papua dilindungi dan akan ada keberpihakan,” kata Enius Lokobal.

Menurutnya, pemerintah mesti menghidupkan kembali kampung adat di setiap kabupaten/kota, karena sebelum sistem pemerintahan hadir di tengah-tengah masyatakat, masyarakat Papua sudah diatur sistem pemerintahan adat.

“Aturan pemerintahan adat itu sudah ada sejak dulu. Misalnya aturan penanganan konflik di masyatakat, ada di sana (adat),” ujarnya.

Loading...
;

Ia berharap di setiap kabupaten/kota di Papua dibentuk kampung adat seperti di Kabupaten Jayapura, agar ada ruang memberdayakan masyarakat adat di setiap kampung.

Sementara salah satu tokoh perempuan Jawijaya, Helena Matuan mengatakan selama ini memang ada lembaga adat yang keberadaannya diakui pemerintah, namun lembaga adat itu merupakan bentuken pemerintah.

“Lembaga itu bukan murni beradal dari adat. Lembaga itu dibentuk untuk kepentngan pemerintah bukan turun temurun adat karena adat (mendapat legitimasi masyarakat adat),” kata Helena Matuan.

Menurutnya, lembaga adat yang benar-benar dibentuk untuk memperjuangkan kepentingan masyatakat adat dan mendapat legitimasi dari masyarakat adat adalah Dewan Adat.

“Dewan Adat yang benar-benar bisa melindungi orang-orang adat (orang adli Papua). Kalau yang lain sesuai kebutuhan pemerintah,” ucapnya. (*)

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top