HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemerintah Fiji tangguhkan Boeing 737 Max 8

Pemerintah Fiji tangguhkan Boeing 737 Max 8

Pesawat terbang milik maskapai nasional Fiji, Fiji Airways. – RNZI/Supplied

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Fiji Airways dan otoritas penerbangan Fiji, telah melarang penggunaan dua pesawat Boeing 737 Max 8 milik maskapai penerbangan nasional Fiji.

Fiji Airways dan Otoritas Perhubungan Udara Fiji berkata, mereka mengambil keputusan itu untuk menghormati keputusan badan regulator lainnya di wilayah ini, dan sebagai tanggapan atas kekhawatiran publik.

Fiji adalah negara terakhir dalam daftar baru negara-negara yang menangguhkan penggunaan pesawat Boeing 737 jenis Max 8, setelah kecelakaan mengenaskan Ethiopian Airlines, pada Minggu (10/3/2019), yang menewaskan 157 orang. Jenis pesawat yang sama juga mengalami kecelakaan dan menewaskan 189 orang di Indonesia pada Oktober lalu.

Fiji Airways mengungkapkan, semua rute penerbangan Max 8 yang ada saat ini akan digantikan dengan armada Boeing dan Airbus lainnya. Armada Fiji Airways itu mencakup Boeing 737-800 dan 700 dan A330-200 dari Airbus. Oleh karena itu, menurut Fiji Airways, jadwal dari sejumlah penerbangan akan diganti sesuai perubahan.

Juru bicara bidang transportasi dari blok oposisi di Parlemen Fiji, Bill Gavoka, sebelumnya mendesak maskapai itu untuk meninjau kembali keputusannya, untuk membeli tiga pesawat Max 8, dan berkata banyak orang di Fiji yang resah dan ragu terbang dengan pesawat Max 8.

Gavoka juga menekankan dampak penggunaan pesawat jenis Max 8 oleh maskapai ini, bisa merugikan pasar pariwisata negara itu.

“Kita harus lebih proaktif. Kita harus menunjukkan kepada orang-orang dari pasar luar negeri bahwa kita ada duty of care di sini. Sedikit lagi kita akan menyambut musim liburan. Musim dingin sudah dekat, dan kita tidak ingin merusak kesempatan itu dengan tidak mengambil tindakan tegas,” tutur Gavoka.

Sementara itu, Selandia Baru telah menangguhkan semua pesawat Max 8, Rabu (13/3/2019), setelah keputusan Australia malam sebelumnya. Menurut laporan koran PNG The National, badan berwenang di PNG juga telah mengklarifikasikan jenis pesawat itu tidak digunakan oleh maskapai nasional Air Niugini. Disadur dari Samoa Observer, pemerintah Samoa juga mengumumkan akan menangguhkan pembelian pesawat Boeing 737 Max 9, sampai lembaga regulator penerbangan sipil di Amerika Serikat, Selandia Baru, dan Australia mengangkat larangannya. (RNZI)


Editor: Kristianto Galuwo

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)