Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemerintah Kepulauan Cook paksa resmikan RUU tambang bawah laut

Pemimpin Partai Demokrat Kepulauan Cook, Tina Browne. – RNZI/Cook Islands Democratic Party

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Rarotonga, Jubi – Saran Partai Demokrat, oposisi Pemerintah Kepulauan Cook, agar RUU tentang penambangan bawah laut atau Seabed Minerals 2019 melalui proses ‘konsultasi yang tepat’ telah ditolak.

Sebaliknya, pemerintah negara itu memaksa disahkan RUU tersebut sebelum sidang parlemen ditunda, untuk periode yang tidak diketahui.

Pemimpin oposisi, Tina Browne, mengungkapkan bahwa Partai Demokrat tidak menentang rencana eksplorasi nodul mineral di Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) Kepulauan Cook.

Namun ia dan anggota kubu oposisi lainnya tidak puas dengan proses konsultasi yang dilakukan oleh pemerintah, dan mengajukan mosi agar RUU tersebut diajukan ke hadapan suatu komite terpilih. Mosi itu ditolak ketika pemerintah tetap maju dan mengesahkan RUU Seabed Minerals 2019.

Loading...
;

RUU tersebut, yang memungkinkan ‘pengelolaan yang efektif dan bertanggung jawab’ atas sumber daya mineral bawah laut Kepulauan Cook, menerima banyak kecaman dan kritikan saat konsultasi publik, khususnya di Rarotonga.

Konsultasi publik juga dilakukan di pulau-pulau terluar negara itu dan pengajuan tertulis dari publik serta organisasi-organisasi lingkungan hidup telah dipertimbangkan, sebelum RUU tersebut disusun oleh badan Seabed Minerals Authority.

Tina Browne menegaskan bahwa konsultasi yang tepat harusnya dilakukan melalui komite terpilih, dimana pandangan dari dua pihak, pemerintah dan oposisi Partai Demokrat akan didengarkan. Konsultasi yang dilakukan oleh Seabed Minerals Authority disinyalir hanya mempertimbangkan pandangan pemerintah atas RUU tersebut. 

Browne menjelaskan bahwa salah satu kekhawatiran utama mereka adalah karena RUU itu, akan memberikan wewenang penuh kepada kementerian yang bertanggung jawab atas Seabed Minerals Authority untuk memberikan izin eksplorasi.

Namun pemerintah mengatakan RUU itu telah melewati proses konsultasi yang ekstensif. 

Wakil Perdana Menteri, Mark Brown, mengutarakan pendapat pemerintah bahwa negara itu harus memanfaatkan peluang tambang bawah laut di ZEE-nya. Brown menekankan bahwa untuk terus menikmati sumber daya lautan, negara itu juga harus melindunginya dari kerusakan. “Kesejahteraan masa depan kita tergantung pada pemanfaatan lautan yang berkelanjutan, untuk generasi sekarang dan generasi ke depan.” (Cook Islands News)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top