Pemerintah pastikan bawang putih dari China tiba awal Mei

Pemerintah pastikan bawang putih dari China tiba awal Mei

Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Perdagangan, Suhanto (ketiga dari kiri) saat mengunjungi pasar Hamadi untuk melihat dari dekat harga bahan kebutuhan pokok di Kota Jayapura, Papua, Jumat (3/5/2019). – Dok.Kemendag.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Staf Ahli Bidang Iklim Usaha dan Hubungan Antar Lembaga Kementerian Perdagangan Suhanto memastikan 115 ribu ton bawang putih yang diimpor dari China akan tiba awal Mei. Impor itu dilakukan untuk menurunkan lonjakan harga bawang putih di berbagai provinsi yang terjadi karena ketersediaan bawang putih berkurang.

“Pemerintah sepakat tak akan melakukan impor komoditas sepanjang jumlah produksi dalam negeri mencukupi. Akan tetapi, produksi bawan putih dalam negeri ternyata mencukupi. Berdasarkan laporan dari 34 provinsi dalam Rapat Koordinasi di Ambon, Maluku, pemerintah memutuskan impor 115 ribu ton bawang putih dari China. Impor itu diperkirakan tiba awal Mei,” kata Suhanto di Jayapura, Papua, Jumat (3/5/2019).

Untuk menjamin ketersediaan bawang putih di Papua, Suhanto menyatakan pihaknya akan mempertemukan importir dengan para distributor di Papua. Suhanto yakin, impor bawang putih dari China itu akan menurunkan harga bawang putih di Papua, yang sejak sepekan terakhir merangkak naik pada kisaran harga Rp60.000 per kilogram.

Suhanto juga mencarikan solusi dengan lonjakan harga bawang merah yang telah terjadi di Jayapura. Menurutnya, harga bawang merah naik karena pasokan bawang merah menuju Jayapura terkendala rusaknya dua kapal pengangkut. Suhanto menyatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kementerian Perhubungan, untuk mencarikan kapal pengganti.

Secara terpisah, Rony, penjual sayur keliling di Kota Jayapura, menyatakan harga sejumlah bahan pangan naik turun secara fluktuatif. Harga cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih mulai naik sejak pekan lalu. “Harga cabai selalu naik-turun, tidak bisa diperkirakan, dan saat ini sudah Rp90 ribu – Rp100 ribu per kilogram.  Harga bawang putih dan bawang merah sudah naik menjadi Rp70 ribu per kilogram, naik dari harga Rp50 ribu per kilogram. Kenaikan itu sudah terjadi sepekan,” ujar Roni, Kamis (2/5/2019). (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)