Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemerintah Provinsi Papua belum pastikan ikut Pacific Exposition

Foto ilustrasi, logo The 1st Pacific Exposition – Jubi/dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua sampai hari ini belum bisa memastikan keikutsertaannya dalam The 1st Pacific Exposition yang akan dilaksanakan di Auckland, Selandia Baru pada 11-14 Juli 2019. Pasalnya, Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua tidak memiliki anggaran yang cukup untuk mengikuti acara Pemerintah RI yang digelar di Selandia Baru itu.

Hajatan besar Kedutaan Besar RI di Auckland, Selandia Baru, itu melibatkan setidaknya 19 BUMN, 19 perusahaan swasta nasional, 45 perusahaan Selandia Baru, dan 30 perusahaan dari berbagai negara lainnya di Pasifik. Akan tetapi, Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Papua Yoseph Matutina menyatakan belum ada kepastian Pemerintah Provinsi Papua akan ikut terlibat dalam acara yang disebut-sebut sebagai ajang promosi pariwisata Indonesia dan 19 negara Pasifik itu.

Matutina menyatakan pihaknya tidak memiliki cukup anggaran untuk mempromosikan potensi pariwisata Papua dalam Pacific Exposition. “Kami masih menunggu petunjuk dari pimpinan, karena instansi kami sejak dua tahun terakhir sudah tidak memiliki anggaran untuk mengikuti kegiatan pameran yang ada,” kata Yoseph Matutina di Jayapura, Selasa (9/7/2019).

Menurut ia, tak hanya Pemerintah Provinsi Papua yang belum memastikan diri hadir dalam Pacific Exposition yang akan berlangsung pada 11 – 14 Juli 2019 itu. Matutina menyatakan belum ada pemerintah kabupaten/koat di Papua yang telah mengkonfirmasi kehadiran mereka di perhelatan pameran pariwisata yang digelar di Auckland, Selandia Baru itu.

Loading...
;

“Terkait undangan pameran ini, kami sudah menginformasikan ke kabupaten/kota, namun sampai hari ini belum ada satupun yang menanggapi. Selama ini undangan-undangan untuk Papua terlibat dalam pameran diluar memang banyak, tapi kami terkendala anggaran,” ujarnya.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, biaya yang dibutuhkan Pemerintah Provinsi Papua untuk menghadiri The 1st Pacific Exposition di Auckland tidaklah sedikit. Menurutnya, keputusan untuk mengikuti atau tidak mengikuti kegiatan itu harus dirapatkan bersama.

“Tentunya kami minta ada keterwakilan kabupaten/kota yang siap mewakili Papua di kegiatan itu. Apalagi melalui kegiatan ini bisa membantu Papua dalam meningkatkan perekonomian, khususnya wilayah Indonesia Timur,” kata Hery. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top