Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemerintah siapkan Rp100 miliar renovasi bangunan rusak akibat demo

Kepala BNPB Doni Monardo (kiri) saat berdiskusi dengan Gubernur Papua Lukas Enembe – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan memberikan bantuan kepada warga yang mengalami kerugian akibat aksi demo berujung bentrok beberapa waktu lalu.

Kepala BNPB Doni Monardo kepada wartawan, Selasa (3/9/2019) mengatakan, penerima bantuan adalah warga yang rumahnya dirusak atau terbakar akibat kerusuhan yang pecah di Jayapura. mengenai jumlah bantuan, Doni mengaku hal itu akan dibahas dalam rapat kabinet bersama Presiden.

“Soal biaya tersebut besok (Rabu, 4/9/2019) akan diadakan disang kabinet dan akan diputuskan besaran biayanya. Hal ini karena harga Papua dan di luar Papua berbeda, sehingga nantinya akan diputuskan oleh Presiden Jokowi,” katanya.

Meski belum mendata secara pasti, namun BNPB dan Kementerian PUPR mengaku dibutuhkan sekitar Rp100 milyar untuk membangun kembali berbagai fasilitas yang rusak. Kata Doni, semua proses relokasi tersebut bersumber dari APBN 2019.

Loading...
;

“Anggaran Rp100 milyar sudah dihitung dengan angka kemahalan oleh pihak Dinas PUPR Provinsi Papua melalui Kepala Balai Cipta Karya, dan minggu depan sudah mulai dikerjakan,” ujarnya.

Dikatakan Doni, untuk pembangunan Kantor Bea Cukai dan Kantor KPU, atas permintaan Gubernur Papua akan dibangun baru dengan desain dua lantai. Ia juga menyebut akan membangun kembali gedung MRP yang dibakar oleh massa.

“Untuk Kantor Bea Cukai akan kami rubuhkan dan dikerjakan ulang, sedangkan untuk kantor KPU akan dibangun baru dengan desain dua lantai. PUPR juga akan tetap membangun kantor MRP dilokasi semula,” katanya.

Di tempat yang sama Gubernur Papua Lukas Enembe memberikan apresiasi yang tinggi atas perhatian Pemerintah Pusat dengan bantuan renovasi bagi perkantoran, ruko dan perumahan warga terdampak kerusuhan.

“Saya pikir dengan adanya bantuan ini akan dapat membantu masyarakat dan kalangan yang terdampak pascaunjuk rasa tersebut,” katanya.

Dia menjelaskan bantuan dan stimulan yang diberikan oleh Presiden Jokowi melalui kementerian terkait ini sangat membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua dalam menangani dampak dari kejadian tersebut.

“Kami terus mengimbau masyarakat di Papua untuk bergotong royong membangun kembali daerahnya, jangan lagi terprovokasi dan lain sebagainya,” ujarnya. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top