HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemerintah Yahukimo belum punya anggaran penanganan orang dengan gangguan jiwa

Pemerintah Yahukimo belum punya anggaran penanganan orang dengan gangguan jiwa

Ilustrasi. Pixabay.com/Jubi

Yahukimo, Jubi – Dalam beberapa bulan belakangan ini di Kota Dekai Kabupaten Yahukimo, mulai berkeliaran beberapa orang dengan gangguan jiwa.

Kepala Dinas Sosial kabupaten Yahukimo, Burhanudin, mengatakan di kabupaten yahukimo jumlah orang dengan gangguan jiwa sebenarnya masih kurang. Tetapi pihaknya akan selalu berusaha untuk selalu siap jika ada masyarakat melapor keluarganya mengalami gangguan jiwa untuk diantar ke RS Jiwa Abepura.

“ Dalam dua tahun belakangan ini Dinas Sosial mengantar dua orang gangguan jiwa ke Jayapura karena penanganan di Dekai belum ada,” Kata dia, baru-baru ini di dekai.

Sejauh ini, pihaknya belum memiliki anggaran khusus untuk menangani orang dengan gangguan jiwa.
Menurutnya ini menjadi catatan, pihaknya mengajukan anggaran dan berharap dana tersebut dapat terakomodir tahun mendatang.

Menurutnya karena belum ada anggaran, pihaknya belum turun langsung, tetapi menunggu laporan dari masyarakat.
Sejauh ini, pihaknya juga belum mendata secara terperinci jumlah orang dengan gangguan jiwa di wilayah itu. Tetapi di dalam Kota Dekai Yahukimo, tercatat ada 3 orang yang berkeliaran.

Warga Dekai Adrian Pahabol, meminta dinas terkait dan pemerintah Kabupaten Yahukimo bisa mengatasi dengan membangun rumah singgah bagi orang dengan gangguan jiwa.

Sepengetahuannya, ada beberapa orang dengan gangguan jiwa datang dari Kabupatem Jayawijaya. Dan ada yang dari kampung lainnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)