Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemilih menilai pemungutan suara Pemilihan Umum 2019 paling rumit

Suasana warga menunggu giliran menggunakan hak pilihnya di salah satu TPS di Kabupaten Jayapura, 17 April 2019 lalu – Jubi/Arjuna Pademme

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Warga menilai pemungutan suara dalam Pemilihan Umum 2019 sebagai pemungutan suara paling rumit dan membingungkan pemilih dibandingkan pemungutan suara pemilihan umum sebelumnya. Selain kebingungan membedakan lima jenis surat suara yang harus dicoblos, para pemilih juga kesulitan mencari nama di antara ratusan nama calon anggota legislatif dalam surat suara.

Salah satu warga Kabupaten Jayapura, Marlinus Kekri mengatakan masih kebingungan membedakan lima jenis surat suara yang digunakan dalam pemungutan suara 17 April 2019 lalu. Surat suara pemilihan calon anggota legislatif (caleg) juga berisi ratusan nama caleg, membuat Kekri kesulitan mencari caleg yang ingin dipilihnya. “Apalagi dalam surat suara tidak ada foto caleg, hanya ada nama, nomor urut caleg, dan nama partai,” kata Kekri kepada Jubi, Rabu (24/4/2019).

Kekri menyatakan para pemilih yang sudah mengetahui nomor urut caleg, nama caleg, dan partai caleg yang ingin dicoblos pun kesulitan menemukan caleg pilihan mereka. “Misalnya saya, saat akan mencoblos sempat ragu apakah itu sudah benar caleg yang akan saya pilih, karena tidak ada fotonya. Saya khawatir jangan sampai ada caleg lain yang namanya sama dengan caleg yang akan saya pilih,” ucapnya.

Warga lainnya, Melki Runggeri mengatakan tata cara mencoblos dalam pemungutan suara Pemilu 2019 terlalu rumit dan menyulitkan pemilih. Ia berharap proses pencoblosan pada pemilihan umum (pemilu) di masa mendatang dapat lebih memudahkan pemilih.

Loading...
;

Runggeri berharap, seluruh kesulitan yang dialami para pemilih, berikut proses panjang pemungutan dan penghitungan suara dalam Pemilu 2019 akan menghasilkan caleg yang dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat.  “Tidak hanya ke kantor, pulang dan terima gaji setiap bulan,” kata Melki Runggeri. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top