HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemilihan pemerintah Kaledonia Baru dimulai

Negosiasi terus berlanjut setelah pekan lalu Kongres memilih politisi senior pro-kemerdekaan, Roch Wamytan, sebagai presidennya. – RNZI/ Walter Zweifel

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nouméa, Jubi – Empat daftar kandidat untuk maju dalam pemilihan pemerintah Kaledonia Baru, yang beranggotakan 11 orang untuk masa jabatan lima tahun kedepan akan diadakan Kamis besok, telah diajukan di Sabtu malam lalu (8/6/2019) .

Setelah negosiasi sengit selama beberapa minggu, dan menyusul pemilu anggota majelis tingkat provinsi bulan lalu, blok pro dan anti-kemerdekaan sekarang masing-masing mencalonkan dua daftar kandidat.

Parpol Pacific Awakening baru, yang memenangkan tiga dari 54 kursi di Kongres dan merupakan partai penentu koalisi yang berkuasa, telah bergabung dengan daftar koalisi anti-kemerdekaan, Future with Confidence, yang merupakan partai tunggal terbesar di dalam Kongres.

Keputusan ini diambil menyusul langkah Pacific Awakening pekan lalu yang memilih politisi pro-merdeka sebagai presiden Kongres. Hal ini juga diumumkan setelah Pacific Awakening melakukan presentasi program 10-poin dalam reformasi sektor ekonomi.

Loading...
;

Dalam Kongres negara itu saat ini, partai-partai pro-kemerdekaan memiliki 26 kursi, dan dua parpol anti-kemerdekaan memegang 25 kursi, dengan partai yang sebagian besarnya pendukungnya datang dari orang Wallis dan Futuna, Pacific Awakening, menentukan kubu yang berkuasa.

Nama-nama dalam empat daftar itu telah dikumpulkan untuk diperiksa dan disetujui secara resmi oleh Komisi Tinggi Prancis.

Negosiasi terus berlanjut setelah pekan lalu Kongres memilih politisi senior pro-kemerdekaan, Roch Wamytan, sebagai presidennya.

Jika pola yang sama terulang kembali, pemungutan suara itu dapat menempatkan seorang politisi pro-kemerdekaan sebagai presiden Kaledonia Baru untuk pertama kalinya.

Pemilihan mendadak Roch Wamytan sebagai pemegang jabatan puncak di Kongres itu dimungkinkan, karena partai Pacific Awakening melawan ekspektasi awal dengan tidak memberikan keseluruhan suaranya, untuk mendukung koalisi anti-kemerdekaan.

Ketika diwawancarai oleh stasiun radio RRB, pemimpin partai Pacific Awakening, Milakulo Tukumuli berkata bahwa dengan memberikan suara untuk Wamytan pekan lalu, partainya ingin mengirimkan pesan pada koalisi Future with Confidence bahwa mereka tidak bisa membentuk pemerintah sendirian.

Setelah pemerintah yang baru itu dibentuk, mereka diharapkan akan memilih presiden. Namun, Partai Caledonia Together berkata mereka tidak akan mendukung calon presiden dari Future with Confidence, mempersulit proses pemilihan presiden. (RNZI)


Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top