Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemilihan umum di Indonesia sudah ramah HAM

Lokakarya dan fellowship jurnalistik “Mengawal Pemilu Berperspektif Keragaman dan HAM” yang berlangsung di Jayapura, Sabtu (6/4/2019).

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Kantor Komisi Hak Asasi Manusia Perwakilan Papua, Frist Ramandey mengatakan sistem pemilihan umum Indonesia sudah tergolong sebagai sistem pemilihan umum yang ramah hak asasi manusia. Hal itu dinyatakan Ramandey dalam lokakarya dan fellowship jurnalistik “Mengawal Pemilu Berperspektif Keragaman dan HAM” yang berlangsung di Jayapura, Sabtu (6/4/2019).

Ramandey menyatakan Negara telah menyediakan aturan pemilihan umum untuk memenuhi hak warga negara. Ia menyatakan Undang-undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilihan Umum juga menjamin hak setiap warga negara untuk memilih dan dipilih.

“Pasal 1 sudah menyatakan bahwa Pemilihan Umum adalah sarana kedaulatan rakyat untuk memilih. Apakah ini yang kita sebut tidak ramah hak asasi manusia?” Ramandey bertanya.

Ramandey menyebut, kemauan politik Negara itu masih kerap berbenturan dengan beragam kepentingan kontestasi politik, baik itu kepentingan partai ataupun kelompok politik tertentu yang mengabaikan amanat undang-undang. “(Akan tetapi), hal-hal teknis semacam itu tidak bisa (dijadikan dasar untuk) mengatakan Pemilihan Umum Indonesia tidak ramah hak asasi manusia,” kata Ramandey.

Loading...
;

Meskipun demikian, salah satu peserta lokakarya yang mewakili kelompok pemilih difabel, Robby Nyong menyatakan sistem Pemilihan Umum di Indonesia masih menyulitkan bagi pemilih difabel.  “Setiap pemilihan umum, hak pemilih difabel selalu terbaikan dan terdiskriminasi,” ungkap Robby.

Robby mencontohkan proses penyusunan Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang kerap luput mencakup seluruh orang difabel yang memiliki hak pilih. Robby menyatakan di Kota Jayapura saja terdapat lebih dari 700 orang difabel, dan hanya 196 orang diantaranya yang tercantum dalam DPT.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top