HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemilu mendekat, parpol terbesar di Vanuatu ancang-ancang

Pemilu mendekat, parpol terbesar di Vanuatu ancang-ancang

Pemilihan Umum nasional (GE) Vanuatu akan dilaksanakan 2020. RNZI / Jamie Tahana

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Port Vila, Jubi – Dengan hanya tujuh bulan tersisa sebelum pembubaran badan legislatif yang ke-11 Januari 2020 mendatang, partai-partai politik di Vanuatu sudah mulai bekerja untuk mempersiapkan para kandidat mereka, yang akan maju saat Pemilihan Umum nasional (GE).

Staf Media partai Vanua’aku Pati (VP), Fred Vurobaravu, berkata 22 calon telah disahkan saat Kongres VP ke-40 yang baru-baru ini diadakan di Desa Benabo, Ambrym Tenggara.

“Kongres VP telah mengesahkan nama-nama semua kandidat yang akan bertanding dalam pemilu nasional di semua daerah pemilihan,” ungkap Vurobaravu.

Wakil Presiden VP, MP Esmon Saimon, yang saat ini menjabat sebagai Ketua Parlemen, mengatakan jumlah tersebut masih bisa naik menjadi 23 perwakilan, karena wilayah VP di Malekula telah berkembang dengan cepat, sehingga mereka mungkin dapat menambah satu kandidat lagi di daerah pemilihan Malekula menjadi empat orang.

Partai VP telah menunjuk Jerry Niatu sebagai koordinator tingkat nasional, untuk memperkuat koordinasi internal mengenai kebijakan-kebijakan partai.

Partai VP tetap melanjutkan kebijakan ‘Kambak’-nya (comeback) di seluruh negara itu, yang tampaknya mendapatkan respons positif dari seluruh negeri. Kebijakan itu juga diluncurkan saat kongres baru-baru ini di Ambrym.

VP memperoleh 13.463 suara dalam pemilu terakhir dan memenangkan GE2016, diikuti oleh partai Union of Moderate Parties dengan jumlah suara 10.999, sementara Graon mo Jastis Pati menduduki peringkat ketiga dengan 8.376 suara.

Jumlah pemilih yang terdaftar secara nasional adalah 200.159 orang.

Partai politik itu, tahun ini genap berusia 48 tahun, dibentuk untuk menyuarakan aspirasi kemerdekaan New Hebrides, yang resmi menjadi Republik Vanuatu pada 30 Juli 1980. Sejak itu partai ini terus memainkan peran utama dalam meneruskan aspirasi masyarakat Vanuatu, dan menjadi salah satu partai politik tunggal tertua dan terbesar di Vanuatu. (Daily Post Vanuatu/Terence Malapa)


Editor: Kristianto Galuwo

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)