Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemilu Solomon aman, penghitungan suara dimulai

Petugas lapangan Komisi Pemilu Kepulauan Solomon membantu pemilih lansia, Artemas Maeta, memasukkan kertas suara. – Solomon Star/Ian M.Kaukui

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Honiara, Jubi – Penghitungan suara pemilu nasional Kepulauan Solomon sudah dimulai Kamis pagi kemarin (4/4/2019), setelah kantor komisi pemilu mengumumkan pemungutan suara kemarin berjalan dengan aman dan damai.

Kepala Kantor Komisi Pemilu, Mose Saitala, berkata di hadapan wartawan Rabu malam, berdasarkan informasi yang dikumpulkan dari petugas lapangan di seluruh negeri, pemilihan umum itu berlangsung tanpa gangguan.

“Pemilu ini mungkin merupakan yang paling damai yang pernah dilaksanakan di Kepulauan Solomon,” tutur Saitala.

“Pemilu dimulai dan selesai tepat waktu,” tambahnya. “Bahkan di daerah pemilihan terpencil di Temotu, pulau-pulau terluar di Malaita, Makira, dan Guadalcanal, pemilu berlangsung damai sepanjang hari.”

Loading...
;

Diyakini hingga 90 % pemilih yang terdaftar datang untuk memberikan suara mereka kemarin.

Saitala berterima kasih kepada Australia dan Selandia Baru, kepolisian Kepulauan Solomon, dan pemilih, atas kesuksesan pemilu tersebut. Menurutnya, pelaksanaan pemilu yang sukses dapat menjadi indikasi Kepulauan Solomon sedang dalam perjalanan menuju pemulihan penuh, setelah RAMSI angkat kaki.

Sementara itu, kotak-kotak suara dari dapil terdekat telah dikumpulkan dan diterbangkan ke pusat penghitungan suara dengan helikopter. Kotak suara dari dapil yang jauh, diambil Kamis pagi kemarin.

Saitala berkata penghitungan suara dari dapil terdekat sudah dimulai Kamis pagi kemarin, sementara dari provinsi-provinsi terpencil dimulai setelah kotak suara mereka dibawa ke kantor-kantor pusat penghitungan. Penghitungan suara akan dilakukan hanya pada siang hari.

Komisaris Polisi, Matthew Varley, Rabu malam, membenarkan pemilu berjalan dengan damai. Pihak Kepolisian telah mengerahkan lebih dari 1.700 petugas ke seluruh pelosok negeri, untuk menjaga keamanan selama pemilu.

Tim pengamat internasional dan lokal yang diwawancarai Rabu kemarin, saat berada di lapangan, juga sepakat mereka tidak melihat adanya gangguan apapun saat hari pemilu.

Gubernur Jenderal diharapkan akan mengumumkan secara resmi nama-nama kandidat yang menang. (Solomon Star)


Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top