HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemilu Tuvalu sukses, 16 MP terpilih

Gedung parlemen Tuvalu. – RNZI/ Jamie Tahana

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Funafuti, Jubi – Pemilihan Umum (Pemilu) telah berlangsung di Tuvalu Senin lalu (9/9/2019), saat warga negaranya mendatangi tempat-tempat pemungutan suara untuk memilih anggota parlemen (MP) mereka yang baru. Perdana Menteri periode sebelumnya, Enele Sopoaga, turut maju bersama 37 kandidat lainnya untuk memperebutkan 16 kursi parlemen.

Hasil penghitungan suara pemilu itu telah rampung Senin malam, dan semua mata akan tertuju pada daerah pemilihan Nukufetau yang dipimpin oleh PM Sopoaga. Sopoaga telah memenangkan dapilnya sejak 2010 dan kemudian terpilih menjadi perdana menteri negara itu pada 2013 dan 2015.

Ia telah mengembangkan reputasinya sebagai aktivis perubahan iklim, dan memainkan peran penting dalam pertemuan pemimpin-pemimpin Forum Kepulauan Pasifik (PIF) bulan lalu.

Namun, bahkan jika dia berhasil memenangkan dapilnya, ini tidak menjamin ia dapat kembali terpilih sebagai perdana menteri. Menurut sistem pemilu di Tuvalu, para MP yang baru terpilih akan memilih perdana menteri yang baru.

Loading...
;

Anggota blok oposisi, Simon Kofe, adalah MP termuda di Tuvalu dan memperebutkan dapil Funafuti. Saat diwawancarai Pacific Beat, Kofe berkata bahwa dia berharap hasil pemilu kali ini akan dimenangkan oleh generasi pemimpin-pemimpin muda, seperti yang terjadi di Nauru.

Kofe berkata pemilih cenderung memilih kandidat berdasarkan keturunan keluarga dan kontribusi pada masyarakat.

Ia menambahkan bahwa selain isu perubahan iklim, peninjauan kembali konstitusi negara itu harus menjadi salah satu prioritas pemerintahan berikutnya. Menurutnya proses peninjauan itu, yang telah berlangsung untuk beberapa saat terakhir ini, akan membantu mendorong stabilitas politik dan pelestarian budaya Tuvalu.

Menurut laporan RNZ Pacific, tujuh dari 16 MP Tuvalu adalah pendatang baru. Perdana menteri sebelumnya, Enele Sopoaga, telah kembali menang dengan mayoritas suara di pulau Nukufetau, sayangnya beberapa menterinya gagal. Simon Kofe kembali juga memenangkan dapilnya dan terpilih kembali sebagai MP.

Hanya satu dari dua calon MP perempuan yang terpilih, MP Puakena Boreham.

Parlemen yang baru akan bertemu akhir bulan ini di Funafuti, untuk memilih siapa yang akan menjadi perdana menteri dan ketua parlemen yang baru. (Pacific Beat oleh Radio Australia)

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top