Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Peminat kapal laut menurun di Jayapura dan Merauke

Ilustrasi kapal laut – pexels.com.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Penumpang angkutan laut menurun di Pelabuhan Jayapura, dan Pelabuhan Merauke. Penurunan terjadi pada keberangkatan maupun kedatangan penumpang.

Badan Pusat Statistik (BPS) Papua mencatat terdapat sekitar 15.700 penumpang yang berangkat melalui Pelabuhan Laut Jayapura, dan Pelabuhan Laut Merauke pada Oktober silam. Rinciannya, sekitar 13.260 penumpang melalui Jayapura, dan sekitar 2.500 penumpang melalui Merauke. Jumlah tersebut menurun sekitar 16% jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

Kondisi serupa terjadi pada kedatangan penumpang. Walaupun sempat berfluktuatif, jumlah penumpang yang datang melalui dua pelabuhan utama di Papua tersebut juga menurun.

“Jumlah penumpang berangkat kelihatan mulai naik pada Maret 2019, dan terus menanjak pada Juni hingga Juli. Kemudian, turun pada Agustus, dan naik lagi pada September,” kata Kepala Bidang Statistik Distribusi BPS Papua Bambang Wahyu Ponco Aji, Senin (2/12/2019).

Loading...
;

Bambang melanjutkan terdapat sekitar 9.740 penumpang datang di Papua pada Oktober. Rinciannya ialah sekitar 7.840 penumpang melalui Pelabuhan Jayapura, dan sekitar 1.900 penumpang melalui Pelabuhan Merauke. Kedatangan tersebut menurun sebesar 12,32%  jika dibandingkan dengan September.

Tren penurunan dan kenaikan penumpang salah satunya dipengaruhi musim liburan sekolah. Karena itu, lonjakan keberangkatan sering kali terjadi pada Juni atau masa liburan panjang lainnya.

“Pada Desember (bulan ini) penumpang yang berangkat sudah pasti tinggi (melonjak) karena libur panjang. Kemudian, menurun lagi pada Januari,” jelas Bambang. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top