Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemkab di Pegunungan Tengah Papua diminta subsidi biaya penerbangan

Ilustrasi Pesawat Kargo di Bandara Wamena Beberapa Waktu Lalu – Jubi/Arjuna.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Bupati yang tergabung dalam Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah Papua disarankan mengambil langkah meringankan beban masyarakat di wilayah itu dalam akses transportasi udara, terutama rute Jayapura ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

Saran itu disampaikan anggota DPR Papua, Emus Gwijangge yang berasal dari daerah pemilihan kabupaten di wilayah Pegunungan Tengah Papua, yakni Nduga, Jayawijaya, Lanny Jaya dan Mamberamo Tengah.

Ia mengatakan, sebagian besar wilayah 10 kabupaten di Pegunungan Tengah Papua hanya dapat ditempuh dengan akses udara. Akan tetapi mahalnya biaya transportasi udara ini membebani masyarakat.

Katanya, jika memungkinkan para bupati di Pegunungan Tengah Papua ini bisa membeli atau menyewa pesawat, agar masyarakat dapat harga tiket lebih murah dibandingkan maskapai komersil.

Loading...
;

“Misalnya rute dari Jayapura ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, sudah hampir satu tahun ini pesawat jenis boeing tidak beroperasi. Banyak masyarakat mengeluh dengan mahalnya tiket pesawat,” kata Emus Gwijangge kepada Jubi, Selasa (29/10/2019).

Menurutnya, jika tidak memungkinkan membeli pesawat, bisa juga dengan menyewanya. Minimal dua pesawat, satu pesawat penumpang dan lainnya pesawat barang atau kargo untuk memuat logistik kebutuhan masyarakat dengan biaya lebih murah.

“Kalau Asosiasi Bupati Pegunungan Tengah membeli pesawat kan bisa dijadikan aset dan meringankan beban masyarakat,” ujarnya.

Kata Emus Gwijangge, memang kini ada subsidi pesawat perintis untuk warga di beberapa daerah di Pegunungan Tengah Papua, akan tetapi yang dibutuhkan masyarakat kini adanya subsidi untuk rute Jayapura-Wamena dan beberapa daerah lain di Pegunungan Tengah yang bisa didarati pesawat jenis boeing.

Belum lama ini, Kepala Otoritas Bandara Wilayah X, Usman Efendi mengatakan, sebanyak 13 rute penerbangan bersubsidi perintis di wilayah Pegunungan Papua resmi beroperasi, dan dikelola Unit Penyelenggara Bandara Udara Kelas I Wamena, Kabupaten Jayawijaya.

“Rute perintis untuk penumpang dari Bandara Wamena ke Huluwon, Karubaga, Keneyam, Muli, Ilu Tiom, Kobakma, Ilaga, Elelim, Mamit, Mapenduma, Enggolok, dan Mugi,” kata Usman Efendi.

Sementara rute penerbangan subsidi perintis cargo menurutnya, hanya melayani rute Wamena ke Mapenduma, Enggolok dan Mugi. (*)

Editor : Edho Sinaga

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top