Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemkab Jayawijaya imbau pedagang kembali ke pasar

Ilustrasi mama-mama Papua berjualan. -Jubi/Titus

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, meminta pedagang yang beberapa waktu lalu keluar dari pasar menyusul kericuhan pada 23 September 2019, kembali berjualan di kios atau toko di pasar dan beraktivitas seperti biasa.

Kepala Dinas Tenga Kerja, Perindustrian dan Perdagangan Jayawijaya, Lukas Kosay, mengatakan kondisi pasar-pasar di sana sudah aman untuk beraktivitas jual beli.

“Sudah ada imbauan tertulis dan pengumuman kepada pedagang yang berjualan di pinggir-pinggir jalan. Jadi per 31 Januari 2020 kita kembalikan ke tempat yang sudah disediakan pemerintah,” katanya, di Wamena, Selasa (28/1/2020).

Pada September 2019, seluruh pasar, kios, toko di Kabupaten Jayawijaya sempat tutup akibat kericuhan. Namun situasi telah pulih dan aktivitas di pasar-pasar sudah berjalan normal.

Ia menyebutkan sekitar 500 pedagang yang terdampak kericuhan belum kembali ke kios atau toko untuk beraktivitas.

“Ada sekitar 500 pedagang dan nanti kita akan akomodir mereka kembali ke pasar yang ada,” katanya.

Loading...
;

Sejumlah mama-mama pedagang asli Papua juga diupayakan tidak lagi berjualan di pinggir jalan di sepanjang pusat kota, misalnya di Safri Darwin.

“Kebiasaan mama-mama di sini, mereka lebih nyaman berjualan di pinggir jalan sehingga untuk mengatur mereka ke dalam pasar itu agak sulit, jadi kadang kita harus cari mekanisme yang bagus supaya mereka bisa masuk ke pasar,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top