Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemkab Jayawijaya serahkan pengelolaan Mall Wamena ke Koperasi KKSS

Mall Wamena mulai tahun ini akan dikelola oleh Koperasi KKSS Jayawijaya-Jubi/Islami

Wamena, Jubi – Pemerintah Kabupaten Jayawijaya memberi kepercayaan kepada Koperasi Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) setempat, untuk mengelola Mall Wamena.

Hal itu sesuai dengan kesepakatan bersama Koperasi KKSS dengan pemerintah daerah setelah dilakukan penandatanganan kerjasama, Selasa (5/2/2019) di ruang rapat bupati Jayawijaya.

Bupati Jayawijaya, Jhon Richard Banua mengatakan kesepakatan ini diambil setelah Koperasi KKSS menyurati pemerintah daerah perihal pengelolaan Mall Wamena 26 Januari 2019.

“Dari surat itu setelah pemerintah daerah melakukan evaluasi, akhirnya menyetujui pengelolaan Mall Wamena diberikan kepada koperasi KKSS dan dilakukan penandatanganan kontrak,” kata Banua.

Setelah penandatanganan tersebut, maka bangunan Mall Wamena sepenuhnya kini menjadi kewenangan pengelola, baik untuk perbaikan dna bagaimana menarik kembali minat masyarakat untuk berkunjung ke tempat tersebut.

Loading...
;

“Soal apa saja yang harus ada di Mall itu, kami serahkan sepenuhnya ke pengelola, hanya kita memberikan standar bahwa harus benar-benar Mall, jangan kios di dalam Mall. Ini yang kita minta ke pengelola agar benar-benar ada semacam tempat hiburan dan tempat belanja yang layak,” katanya.

Karyadi selaku Ketua Koperasi KKSS Jayawijaya menjelaskan, nantinya para pedagang yang akan mengisi di Mall itu tidak langsung berurusan dengan pemerintah daerah, melainkan dengan pihaknya.

“Kalau sebelumnya perusahaan perorangan, sedangkan yang saat ini adalah koperasi, dimana kami yang mempunyai kewajiban membayar ke pemerintah daerah sesuai kontrak,” ujar dia.

Ia juga mengatakan jika fokus utama pihaknya, yakni bagaimana membuat Mall itu menarik perhatian masyarakat, dengan melakukan pembenahan beberapa bagian, misalnya adanya keluhan atap yang bocor, kebersihannya tidak terurus, ada bagian bangunan rusak dan dalam jangka waktu singkat ini akan dibenahi agar Mall itu kembali menjadi ikon Kota Wamena.

“Ini sifatnya kontrak per tahun, dimana koperasi nantinya yang punya kewajiban ke pemerintah, sedangkan pelaku bisnis berhubungan dengan koperasi,” katanya. (*)

 

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top