Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemkab Lanny Jaya gandeng Bank Papua untuk salurkan bantuan tunai

Penandatangan perjanjian kerjasama Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya dan Bank Papua. – Jubi/Sindung.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya menggandeng Bank Papua untuk membantu penyaluran bantuan tunai bagi 17.670 keluarga yang tersebar di 39 distrik di Kabupaten Lanny Jaya. Kesepakatan kerjasama itu dituangkan dalam nota kesepahaman yang ditandantangani di Jayapura, Kamis (1/8/2019).

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Lanny Jaya, Willem Bilangladit menyatakan bantuan tunai bagi 17.670 keluarga itu merupakan bagian dari program Lanny Jaya Mandiri. Bilangladit mengatakan bantuan itu merupakan stimulan padat karya kepada masyarakat yang kurang mampu atau miskin.

Bilangladit merinci, setiap keluarga peserta program Lanny Jaya Mandiri akan memperoleh bantuan senilai Rp2,1 juta per tiga bulan. Bantuan itu terbagi dalam bentuk bantuan tunai senilai Rp1 juta, dan bantuan bahan pokok pangan senilai Rp1,1 juta.

“Sasaran ini masyarakat kurang mampu berpenghasilan kurang dari Rp1 juta [per bulan]. Kebanyakan masyarakat Lanny Jaya berpenghasilan kurang dari itu,” katanya.

Loading...
;

Selain dikucurkan dalam bentuk bantuan tunai, program Lanny Jaya Mandiri juga memberi manfaat jaminan kesehatan bagi 17.670 keluarga tersebut. Menurtnya, Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya telah menyiapkan anggaran sekitar Rp200 miliar untuk membiayai program Lanny Jaya Mandiri.

“Program Lanny Jaya Mandiri itu juga [menjamin pelayanan] kesehatan, [agar para peserta program dapat] berobat hingga [Rumah Sakit] Siloam Jakarta atau RSPAD Gatot Subroto di Jakarta. Masyarakat Lanny Jaya [tidak perlu] mengeluarkan uang sepeser pun [untuk berobat ke sana]. Program ini juga memberikan jaminan layanan pendidikan,” kata Bilangladit.

Direktur Operasional Bank Papua, Isak Wopari menegaskan sinergitas antara Bank Papua dengan pemerintah daerah di Papua terus berlanjut. Sebelumnya Bank Papua juga membantu penyaluran bantuan program Papua Sehat, dan kini Bank Papua akan membantu penyaluran bantuan program Lanny Jaya Mandiri.

“Inilah komitmen kami sebagai bank daerah. [Kami hadir] untuk bekerjasama dengan pemerintah daerah dan memberikan pelayanan terbaik bagi kota serta kabupaten di Papua,” kata Wopari.

Terkait dengan teknis penyaluran bantuan program Lanny Jaya Mandiri itu, Wopari menyatakan pihaknya akan segera berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya. “Itu akan diatur bersama dengan OPD teknis,” katanya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top