Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemkab Nabire akan bangun pasar, ini tanggapan mama-mama pedagang

Suasana pasar terminal Oyehe Nabire – Jubi/Titus Ruban

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Nabire, Jubi – Pemerintah Kabupaten Nabire melalui Dinas Perdagangan berencana membangun pasar yang layak untuk pedagang mama-mama Papua.

Menanggapi hal tersebut, beberapa mama-mama pedagang yang kesehariannya berjualan di terminal Oyehe Nabire memberikan komentarnya.

Irene Bunai, seorang pedagang mama-mama pasar di terminal Oyehe, mengatakan seharusnya pemerintah tidak berjanji, kalau akhirnya tidak ditepati. Pasalnya, Pemkab Nabire pernah menjanjikan hal serupa tahun 2017 silam.

“Kalau hanya janji, saya pikir tidak usah. Dua tahun lalu janji, sekarang lagi janji. Kenapa suka sekali janji, kalau mau bangun, ya bangun saja. Kami tidak butuh janji tapi bukti,” kata mama Bunai, di Nabire, akhir pakan lalu.

Loading...
;

Mereka hanya ingin ada tempat layak untuk berjualan, sebab selama bertahun-tahun, mama-mama Papua pedagang menggelar jualan di atas tanah, di samping jalan dan trotoar.

“Jadi sekali lagi kami malas janji-janji. Kami bersyukur bisa ada tempat di sini untuk jualan, kami sangat senang. Biar sudah, begina saja tidak apa-apa,” ujarnya,

Seorang penjual lainnya, Melina Ukago, mengatakan mama-mama yang berjualan di terminal Oyehe saat ini tidak setuju berpindah tempat. Saat ini mereka merasa nyaman berjualan di tempat itu.

“Kami malas pindah sekalipun ada pasar baru untuk kami. Kami hanya mau jualan di sini saja, jangan dikasih pindah,” katanya.

Sebelumnya, Plt. Kepala Dinas Perdagangan Nabire, Zet Kambaro, mengatakan pasar mama-mama Papua, menjadi program pemerintah ke depan. Rencananya, melalui dana Otsus tahun anggaran 2019 akan dibangun pasar permanen untuk mama-mama Papua.

“Harapan kita, pasar ini akan menjadi sentral seluruh aktivitas dan usaha masyarakat Papua,” ujar Zet Kambaro.

Menurutnya, hal ini dimaksud, melalui dana Otsus agar pembinaan dan peningkatan kemampuan usaha dari seluruh masyarakat Papua bisa disalurkan melalui pasar yang akan dibangun nanti.

“Mudah-mudahan bisa berjalan lancar. Kita masih menunggu keputusan provinsi tentang alokasi dana Otsus yang kita dapatkan tahun 2019,” katanya.

Terkait lokasi pasar, Zet Kambaro mengatakan pimpinan daerah minta pasar untuk mama-mama Papua ada di dalam kota Nabire.

“Saat ini kita masih lakukan pengkajian dan survey,” katanya.

Koordinasi terus dilakukan dan sasaran-sasaran yang diinginkan, salah satunya adalah di sekitar Oyehe atau mungkin di sekitar kota lama, namun masih dalam penjajakan.

“Kita tunggu petunjuk Pak Bupati, sebab penetapan lokasi secara resmi bahwa lokasinya di mana nanti, bisa saja Oyehe atau kota lama,” terangnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top