Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemkot Jayapura hibahkan fasilitas umum bernilai ratusan juta di Pantai Hamadi

Wali Kota Jayapura saat meresmikan bangunan ruang ganti/toilet di Pantai Hamadi, Kota Jayapura. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura melalui Dinas Pariwisata menyerahkan hibah bernilai ratusan juta berupa bangunan ruang ganti atau toilet kepada pengelola di kawasan wisata Pantai Hamadi, Kota Jayapura, Papua. Spesifikasi bangunan itu sudah sesuai dengan yang spesifikasi fasilitas umum di lokasi wisata dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata.

Kepala Dinas Pariwisata Kota Jayapura, Matias B Mano mengatakan, bangunan ruang ganti atau toilet yang diserahkan sejumlah lima unit, yang dilengkapi dengan kloset duduk, lampu, wastafel, cermin, dinding keramik, shower, dan tandon air. Pembangunan fasilitas itu dikerjakan selama 120 hari.

“Satu unit bangunan ruang ganti itu dibangun dengan biaya Rp220 juta. Bantuan ini bersumber dari dana alokasi khusus 2018. Satu bangunan berukuran 4X6 meter persegi terbagi atas dua bagian (toilet laki-laki dan perempuan),” kata Mano usai peresmian bangunan ruang ganti atau toilet, Rabu (10/4/19).

Menurut Mano, spesifikasi bangunan tersebut sudah sesuai dengan yang spesifikasi fasilitas umum di lokasi wisata dikeluarkan oleh Kementerian Pariwisata Indonesia. Fasilitas minimal yang harus disediakan adalah toilet khusus untuk laki-laki yang dilengkapi urinoir, wastafel, cermin, dan shower gantung.

“Kami harapkan masyarakat yang menerima bantuan hibah ini dapat memanfaatkan dengan baik. Jangan digunakan sebagai gudang tapi digunakan sebagai fasilitas umum yang diperuntukkan masyarakat. Tarif sewa toilet, kamar bilas dan MCK sekali pakai Rp5 ribu per orang,” ungkapnya.

Loading...
;

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, bantuan hibah tersebut merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kota Jayapura kepada warga pengelola kawasan wisata di pantai Hamadi. “Saya harapkan Pantai Hamadi ini bukan hanya ramai pada siang hari, tapi juga malam ramai. Maka saya memperhatikan kenyamanan orang berwisata dengan memberantas orang mabuk, menjaga kebersihan, dan jangan ada pungutan liar di Pantai Hamadi,” jelasnya.

Mano menambahkan, para pengelola wisata di Pantai Hamadi harus bersikap ramah dan memberikan pelayanan yang baik sehingga membuat pengunjung merasa nyaman dan aman ketika sedang berwisata di Pantai Hamadi.”Kota Jayapura merupakan daerah tujuan wisata di Tanah Papua. Saat PON nanti, orang banyak yang datang ke Kota Jayapura. Warga yang mengelola kawasan wisata akan meraup keuntungan yang cukup besar, maka itu kelola pantai dengan baik,” tuturnya.

Salah satu pengelola wisata di pantai Hamadi, Yusak Hamadi, menyatakan sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kota Jayapura.”Mungkin tahun-tahun depan bisa ditambah lagi kah. Kami mengucap syukur dan berterimakasih. Saya mewakili para penerima merasa senang atas bantuan yang sudah diberikan ini,” jelasnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top