Pemkot Jayapura serahkan 98 ton beras kepada korban banjir

Pemkot Jayapura serahkan 98 ton beras kepada korban banjir

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano saat menyerahkan bantuan beras kepada korban banjir, Kamis (14/3/2019) – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura menyerahkan bantuan beras kepada korban banjir yang terjadi di Kota Jayapura pada 23 Februari 2019 lalu. Penyerangan beras itu dilakukan secara simbolis oleh Wali Kota Jayapura Benhur Tomi Mano di Kelurahan Hedam, Distrik Heram, Kota Jayapura, Papua, Kamis (14/3/19).

Kepala Dinas Sosial Kota Jayapura, Irawadi mengatakan bantuan beras itu diberikan secara cuma-cuma. “Bantuan beras gratis ini gratis alias tidak ada biaya untuk pengambilan. Korban yang terdampak banjir tersebar di 15 kelurahan dan satu kampung, terdiri dari 378 keluarga, sekitar 17.500 jiwa,” kata Irawadi di Jayapura, Kamis. Badan Urusan Logistik Kota Jayapura menyetujui jumlah total beras bagi para korban banjir sebanyak 98 ton.

“Bantuan ini hanya memakai jatah cadangan beras Kota Jayapura, karena kami memiliki jatah cadangan 100 ton per tahun. Apabila jumlah beras yang dibutuhkan lebih dari 100 ton, kami harus mengajukan permohonan kepada Gubernur untuk mendapatkan tambahan bantuan beras,” kata Irawadi.

Wali Kota Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, pertumbuhan jumlah penduduk dan pembangunan di Kota Jayapura semakin padat, sehingga sempadan sungai pun dijadikan permukiman. “Contohnya, kawasan Organda dan Pasar Youtefa itu merupakan daerah genangan air. Akhirnya, banjir dan longsor ada dimana-mana, Pemerintah Kota Jayapura yang disalahkan,” kata Mano.

Mano menyatakan pihaknya akan terus menata penggunaan ruang di Jayapura agar daerah permukiman warga bebas dari banjir. “Namun kami membutuhkan dukungan dari kepala distrik, lurah dan para Rukun Tetangga,” jelasnya.

Salah satu warga penerima bantuan beras, Grace Dimara berterima kasih atas bantuan Pemerintah Kota Jayapura itu.”Saya merasa senang dan berterima kasih atas perhatian dari pemerintah,” ujar warga Perumahan Organda RT 02 RW 04 itu. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)