Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemkot Jayapura tugaskan 21 fasilitator dampingi pengusaha lokal

Salah satu fasiliator Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura mempresentasikan profil pengusaha lokal yang didampinginya. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Kota Jayapura telah memiliki 21 fasilitator yang ditugaskan mendampingi dan memantau perkembangan bisnis para pengusaha lokal. Hasil pendampingan para fasilitator itu dijadikan dasar bagi Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah Kota Jayapura untuk mengevaluasi dan merancang program bantuan bagi para pengusaha lokal.

Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disperindagkop dan UKM) Kota Jayapura, Robert L. N. Awi menjelaskan program pendampingan pengusaha oleh 21 fasilitator itu dijalankan agar pihaknya bisa mengenal para pengusaha di Kota Jayapura. Selain itu, pendampingan juga membuat Disperindagkop dan UKM mengetahui tren bisnis berbagai bidang usaha.

“Dengan pendampingan itu, kami lebih memahami tren berbagai bidang usaha, apakah mengalami kenaikan atau menurun. (Dengan demikian) kebijakan dan pembuatan program bagi pengusaha di Jayapura (bisa disesuaikan kebutuhan mereka). Pendampingan itu juga memengaruhi jenis bantuan yang kami berikan,” kata Awi di Kantor Wali Kota Jayapura, Kamis (4/4/19).

Menurut Awi, sejumlah 21 fasilitator itu bertugas di lima distrik di Kota Jayapura. Mereka mendampingi, mengawasi pencatatan buku keuangan, maupun memotifasi para pengusaha lokal. Setiap pekan, para fasilitator diwajibkan membuat laporan tentang pelaku usaha yang didampingi. Setiap bulan, para fasilitator juga diwajibkan mempresentasikan hasil pendampingan mereka.

Loading...
;

Para fasilitator itu bekerja dalam empat kelompok bidang usaha berbeda, yaitu bidang industri, bidang koperasi, bidang usaha kecil menengah, dan bidang perdagangan. Setiap fasilitator bidang industri bertugas mendampingi 15 pelaku usaha, sedangkan satu fasilitator bidang perdagangan mendampingi 20 pengusaha.

Satu fasilitator bidang usaha kecil dan menengah ditugaskan mendampingi 20 pengusaha, sementara setiap fasilitator bidang koperasi mendampingi 12 koperasi di Kota Jayapura. “Laporan dari fasilitator kami, setiap bulan tren usaha sebagian besar pengusaha Jayapura meningkat signifikan,” ungkap Awi.

Salah satu fasilitator di Distrik Muara Tami, Stevani mengatakan setiap pekan ia harus mengunjungi pelaku usaha yang dia dampingi, mengecek pembukuan keuangan mereka, dan mengamati distribusi maupun penjualan barang setiap pengusaha. Selain itu, Stevani juga memberikan saran atas beragam kendala yang dialami pengusaha di Distrik Muara Tami.

“Kendala yang ditemukan, ada pelaku usaha yang stok barangnya dimakan tikus. Ada pula tempat usaha yang terendam banjir, atau atapnya bocor, kecurian, atau tidak memiliki lahan parkir yang memadai. Dari hal-hal ini bisa menyimpulkan jenis bantuan apa yang cocok untuk bisa berikan kepada para pelaku usaha,” jelasnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top