Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemogokan pemadam kebakaran di Tahiti lumpuhkan penerbangan

Jubi | Portal Berita Tanah Papua No. 1,

Tahiti, Jubi – Setelah mencapai kesepakatan kerja, akhirnya satuan pemadam kebakaran di bandara Tahiti menghentikan aksinya yang digelar sejak 17 Mei lalu hingga 21 Mei 2017 atau selama lima hari. Sebagai bagian dari pegawai negeri, para petugas pemadam kebakaran yang menggelar pemogokan itu telah mencapai kata sepakat terkait pembayaran gaji mereka dari otoritas pemerintah.

Kendati begitu, kesepakatan itu sebenarnya belum mencakup seluruh pegawai pemadam kebakaran yang dipekerjakan perusahaan swasta. Para pegawai ini bekerja di beberapa perusahaan swasta dan ditempatkan di beberapa bandara di kepulauan Prancis-Polinesia.

Hanya pegawai dari beberapa pulau saja yang sudah menjalin hubungan solidaritas pegawai dengan Tahiti. Sementara, sisanya masih belum memiliki kejelasan nasib terkait pembayaran gaji.

Media lokal menggambarkan situasi kacau akibat pemogokan para pegawai pemadam kebakaran di bandara ini. Selain mengacaukan jadwal penerbangan domestik, pemogokan juga mempengaruhi proses evakuasi medis di beberapa tempat.

Loading...
;

Demikian pula dengan jadwal penerbangan internasional yang ikut terganggu karena adanya pemogokan ini. Perwakilan industri pariwisata di Tahiti telah mengutarakan keberatan dan permohonan kepada para pegawai agar menghentikan aksi mogoknya. Sebab, pariwisata adalah industri andalan Tahiti yang selama ini telah menyerap tenaga kerja yang banyak.

Para pengusaha ini juga meminta agar pemerintah dan pihak swasta yang mempekerjakan pegawai pemadam kebakaran untuk membuat sebuah kesepakatan dan panduan penetapan gaji pegawai untuk menghindari kejadian ini terulang lagi.

Pada Mei tahun lalu, pemogokan juga terjadi di bandara Tahiti hingga mengakibatkan terganggunya jadwal penerbangan. Berbeda dengan saat ini, pemogokan saat itu dilakukan oleh Air Tahiti dan mampu bertahan hingga hampir satu bulan.

Berbeda dengan tahun lalu, pemogokan kali ini dimulai oleh pemadam kebakaran. Namun, pemogokan ini juga berdampak pada operasional penerbangan domestik Air Tahiti. Maskapai ini hanya bisa melayani penerbangan antara Tahiti, Raiatea, Bora Bora dan Rarotonga ke Kepulauan Cook. Sementara, seluruh rute lain terpaksa dibatakan. **

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top