HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemprov Papua akan pakai dana tambahan otsus untuk bangun venue PON

Stadion Papua Bangkit yang akan menjadi tempat pembukaan dan penutupan PON XX 2020, Papua – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua memastikan akan memakai dana tambahan Otonomi Khusus atau Otsus bidang infrastruktur untuk membangun sejumlah fasilitas arena pertandingan atau venue Pekan Olahraga Nasional XX Papua. Hal itu dinyatakan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Papua, Muhammad Musa’ad di Jayapura, Senin (8/7/2019).

Musa’ad mengatakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua akan menggunakan sekitar 38 persen dari total dana tambahan Otsus bidang infrastruktur untuk membiayai pembangunan venue Pekan Olahraga Nasonal (PON) XX Papua. Pada 2019, nilai total dana tambahan Otsus bidang infrastruktur untuk Provinsi Papua mencapai Rp2,824 triliun.

“Pengusulan [penggunaan] dana tambahanan Otsus itu sudah dibahas bersama pemerintah pusat. Usulan itu telah disetujui kementerian terkait,” kata Musa’ad.

Musa’ad menjelaskan sebelumnya dana tambahan Otsus bidang infrastruktur hanya boleh digunakan untuk membiayai pembangunan atau program yang terkait transportasi.

Loading...
;

“Padahal sejak 2017 lalu, Pemprov telah mengajukan perluasan penggunaan dana tambahan Otsus [bidang infrastruktur untuk membiayai pembangunan atau program]  yang terkait masalah transportasi, yakni energi, air bersih dan telekomunikasi,” kata Musa’ad.

Sejak 2018, Pemprov Papua mendisukusikan kemungkinan penggunaan dana tambahan Otsus bidang infrastruktur untuk membangun arena pertandingan PON XX Papua. “[Kementerian terkait akhirnya setuju] Pemprov Papua bisa menggunakan dana tambahan otsus untuk membangun venue PON. Namun, kesepakatannya [nilai yang dibelanjakan untuk membangun venue PON itu] tidak melebihi 50 persen,” ujar Musa’ad.

Menurut Musa’ad, pembahasan usulan agar dana tambahan Otsus bidang infrastruktur bisa dipakai untuk membangun venue PON XX Papua menjadi salah satu penyebab terlambatnya kucuran Dana Otsus Papua 2019. Hingga Selasa, proses pencairan Dana Otsus 2019 itu belum diselesaikan pemerintah pusat di Jakarta.

Musa’ad menambahkan, sejak 2017, 2018 dan 2019, Pemerintah Provinsi Papua telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp4 trilun lebih untuk membangun infrastruktur PON yang ada di lima cluster penyelenggaraan PON XX Papua. Selain digunakan untuk membangun venue PON, anggaran sebesar itu juga dipakai untuk mempersiapkan sejumlah kegiatan ekonomi saat PON XX Papua berlangsung pada 2020.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen meminta setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) teknis di lingkungan pemerintah provinsi Papua, untuk tidak lalai dalam melaksanakan dan mengawasi setiap program kegiatan, terlebih yang berkaitan dengan persiapan pelaksanaan PON XX Papua. Seluruh kegiatan pembangunan fisik venue ataupun infrastruktur pendukung PON harus tetap dalam pengawasan ketat, khususnya terkait anggaran.

“Pelaksanaan PON di Papua merupakan tugas yang sangat berat. Untuk itu, dalam pendistribusian pembiayaan, harus ada tanggung jawab yang melekat,” kata Hery.

Pada 2019, pemerintah pusat akan mengucurkan dana tambahan Otsus bidang infrastruktur senilai Rp4,265 triliun kepada Pemprov Papua dan Pemprov Papua Barat. Pemprov Papua akan menerima tambahan senilai Rp2,824 triliun, dan Provinsi Papua Barat mendapat tambahan kucuran senilai Rp1,440 triliun.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top