Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemprov Papua bentuk tim monitoring hasil pengawasan kearsipan

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

Jayapura, Jubi – Tahun ini (2018), Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah  telah membentuk tim monitoring tindaklanjut hasil pengawasan kearsipan tahun 2017.

Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Politik dan Kesatuan Bangsa, Simeon Itlay mengatakan pembentukan tim monitoring itu  bertujuan memotret secara langsung kondisi faktual penyelenggaraan kearsipan di lingkungan masing-masing lembaga di kabupaten/kota se- Papua.

“Intinya pengawasan kearsipan terhadap lembaga kearsipan daerah harus sejalan dengan Undang-Undang Nomor 23 tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah,” kata Itlay kepada wartawan, di Jayapura, Kamis (5/7/2018).

Selain itu, ujar ia, pemerintah provinsi juga telah menyusun rancangan peraturan gubernur Papua tentang pedoman pengawasan kearsipan daerah. Hal ini kata ia,  sebagai komitmen dalam mendorong semua pencipta arsip di lingkungan provinsni maupun lembaga kearsipan daerah kabupaten/kota.

Loading...
;

”Saya mengajak kita semua berperan aktif dalam berbagai sektor pembangunan sebagai proses perubahan serta pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, pemberdayaan pengawasan kearsipan yang berkualitas merupakan upaya untuk bangkit mewujudkan penyelamatan dan pengamanan arsip sebagai  aset dan jati diri sebagai lembaga.

“Namun dibutuhkan selain sumber daya manusia yang paling profesional dan berkompeten, juga diperlukan dukungan kebijakan dalam menyiapkan program kegiatan yang berkesinambungan,” katanya.

Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Papua, Hans Hamadi mengatakan peran dan fungsi arsip berpengaruh pada suatu organisasi, baik organisasi pemerintah maupun dunia usaha.

"Arsip merupakan dokumen negara, sehingga harus dijaga dan dilestarikan, terutama menyangkut teknis OPD," kata Hamadi (*)

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top