Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemprov Papua raih penghargaan integrasi e-Planning – SIPD

Kantor Gubernur Papua. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua meraih penghargaan atas keberhasilannya mengintegrasikan e-Planning ke dalam Sistem Informasi Pembangunan Daerah atau SIPD Kementerian Dalam Negeri. Papua disebut-sebut masuk dalam kategori tiga terbaik dalam mengintegrasikan e-Planning ke dalam SIPD.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Papua, Muhammad Musa’ad mengatakan Papua menjadi satu-satunya provinsi di wilayah Indonesia timur yang berhasil mengintegrasikan e-Planning ke dalam SIPD. “Ada enam provinsi yang menerima [penghargaan]. Papua masuk dalam ketegori tiga terbaik, bersama Provinsi Jambi dan Baten,” kata Musa’ad di Jayapura, Kamis (24/10/2019).

Musa’ad berharap dengan terintegrasi kedua aplikasi itu, akan terjadi keselarasan dalam perencanaan pembangunan di tingkat kabupaten, kota, provinsi, hingga nasional. “Papua sudah memiliki e-Planning dan e-Budgeting yang terintegrasi dengan aplikasi [SIPD] Kemendagri. Dengan begitu, Papua bisa menjadi percontohan bagi provinsi lain di wilayah Indonesia timur,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Papua Lukas Enembe, mengatakan penerapan e-Planning di Papua mendapat apresiasi dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).”Salah satu terobosan dari e-Planning adalah proses perencanaan [pembangunan] daerah berbasis data dan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan,” kata  Enembe.

Loading...
;

Dengan adanya adanya e-Planning, Enembe menegaskan tidak akan ada lagi program yang direncanakan dan dilaksanakan tanpa didasari oleh data. Menurutnya, proses perencanaan yang baik dan komprehensif merupakan titik penentu keberhasilan pembangunan.

“Setiap proses [perencanaan] harus berbasis data dan informasi yang valid, terukur dan terkini. Untuk itu, peran forum SIPD Provinsi Papua harus diperkuat,” ujarnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top