Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemprov sudah habiskan Rp2,4 triliun untuk bangun venue PON

Stadion Papua Bangkit. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Hingga kini Pemerintah Provinsi Papua telah menghabiskan dana Rp2,4 triliun untuk membangun atau merenovasi 11 venue atau arena Pekan Olahraga Nasional atau PON XX Papua 2020. Pembangunan dan perbaikan 11 arena di sejumlah kabupaten/kota itu dibiayai dengan Anggaran Pendapatan dan Belanda Daerah Provinsi Papua.

Hal itu dinyatakan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua Alexander Kapisa di Jayapura, Senin (2/12/2019). “Venue yang dibangun atau direnovasi ini tidak semua ditangani oleh Dinas Olahraga dan Pemuda Papua saja. [Ada sejumlah venue] yang dikerjakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Papua,” kata Kapisa.

Menurut Kapisa, perkembangan pembangunan sebagian besar venue PON XX Papua 2020 sudah mencapai 70 persen. Akan tetapi, pembangunan arena tenis di Kantor Wali Kota Jayapura baru merampungkan 50 persen dari total pekerjaan, dan diperkirakan baru akan selesai tahun depan.

“Untuk ini, kami akan lakukan Addendum atau penambahan waktu pengerjaan. Pembangunan bisa molor hingga tahun 2020, karena pelaksanaanya baru dimulai pada Agustus 2019. Saat pekerjaan dimulai juga terjadi masalah sosial, hingga berpengaruh kepada [kelancaran] pembangunan,” ujarnya.

Loading...
;

Di pihak lain, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Ditjen Cipta Karya tengah melakukan pembangunan empat arena PON XX Papua 2020 dengan pembiayaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN). Sejumlah arena dibangun di Kawasan Olahraga Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, yaitu arena aquatik dan Istora Papua Bangkit. Ada pula arena yang dibangun di Kampung Doyo Baru, Distrik Waibu, yaitu arena kriket dan lapangan hoki (indoor dan outdoor).

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono mengatakan pembangunan arena aquatik hingga November 2019 telah merampungkan 55,9 persen pekerjaan, atau lebih cepat dari target pekerjaan yang ditetapkan mencapai 48,5 persen. Pembangunan arena aquatik itu dimulai sejak Desember 2018. “Target penyelesaian pada Juli 2020 diharapkan dapat dipenuhi,” kata Basuki.

Menurutnya, pembangunan arena aquatik dibiayai APBN tahun jamak 2018-2020, dengan nilai total anggaran sebesar Rp401 miliar. Arena akuatik itu dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. Pembangunan arena itu diawasi konsultan manajemen konstruksi PT Ciriajasa CM – PT Ciriajasa EC (kerjasama operasi) dengan nilai jasa konsultan sebesar Rp6,5 miliar.

“Nantinya fasilitas kolam renang di arena aquatik itu memenuhi standar Federation Internationale de Natation atau FINA selaku induk organisasi internasional olahraga renang,” ujar Basuki.

Perkembangan pembangunan Istora Papua Bangkit yang juga dimulai November 2018 saat ini sudah mencapai 51,1 persen, dan lebih cepat dari rencana awal 43,2 persen. Pembangunan Istora Papua Bangkit dilaksanakan PT PP (Persero) dengan nilai pekerjaan Rp257,5 miliar. Pengawasan proyek itu dilakukan PT Virama Karya, dengan nilai jasa konsultan sebesar Rp4,8 miliar.

“[Pembangunan Istora Papua Bangkit] ditargetkan selesai Juni tahun 2020. Istora Papua Bangkit dilengkapi dengan area plasa kawasan, termasuk kawasan parkir kendaraan di dalam dan luar area istora,” kata Basuki.

Kementerian PUPR juga membiayai pembangnan arena kriket dan lapangan hoki (indoor dan outdoor). Hingga 3 November 2019, perkembangan pembangunan arena kriket dan lapangan hoki telah mencapai 50,1persen dari total pekerjaan. Perkembangan pembangunan itu lebih cepat dari rencana awal sebesar 35,2 persen.

Saat ini, PT Nindya Karya selaku pelaksana proyek tengah mengaspal dan memasang rangka baja lapangan hoki outdoor, membangun tribun dan lantai kedua lapangan hoki indoor, dan memasang rangka baja atap, lapangan, dan jalan arena kriket. “Total biaya pembangunan untuk arena kriket dan lapangan hoki sebesar Rp277 miliar. Pengawasan proyek dilakukan PT Bina Karya, dengan nilai jasa konsultan dan manajemen proyek senilai Rp4,9 miliar,” ujar Basuki.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top