Pemuda Baptis minta Pemkab Lany Jaya bangun pos jaga di perbatasan

Pemuda Baptis minta Pemkab Lany Jaya bangun pos jaga di perbatasan

Sepi Angginak Wanimbo dalam sebuah event – (Jubi/Hengky Yeimo).

Jayapura, Jubi -Ketua Pemuda Baptis Papua Sepi Angginak Wanimbo meminta pemerintah Kabupaten Lanny Jaya segera membangun pos penjagaan di perbatasan Jayawijaya dan Lanny Jaya. Persisnya di Kampung Haboneri.

Tujuannya, untuk keamanan dan ancaman bahaya Miras bagi masyarakat Lany Jaya yang mayoritas penduduknya beragama Baptis Papua.

“Petugas pos penjagaan terdiri dari Pol PP dan anggota keamanan yang dipilih atau ditunjuk. Tidak sembarang orang. Tapi mereka orang yang benar – benar punya hati untuk membangun Lanny Jaya yang baik dan takut akan Tuhan, jujur, rendah hati dan sopan,” kata Wanimbo kepada wartawan, Selasa (12/2/2019).

Menurutnya, mereka inilah yang akan melakukan sweping selama 24 jam, baik kendaraan roda dua maupun empat yang membawa minuman keras ( Miras ) ke Kabupaten Lanny Jaya.

“Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya segera ambil langkah ini, demi kenyamanan, kesehatan, dan keselamatan masyarakat dan generasi yang tersisa. Mereka butuh pertolongan dari kita semua ini,” katanya.

Pihaknya juga meminta Pemerintah Lanny Jaya tegas dan memproses hukum orang yang memperjualbelikan Miras.

“Kami berbicara sesuai dengan Perdasus nomor 15 tahun 2013 dan Intruksi Gubernur Provinsi Papua nomor 3 tahun 2016 tentang pelarangan Miras di Papua ini. sudah jelas,” ujarnya.

Dampak dari konsumsi Miras, banyak rakyat Papua yang meninggal dunia seperti contoh nyata yang terjadi bentrokan antara masyarakat Yogobak Distrik Nogi dengan anggota Kepolisian Lanny Jaya pada Selasa, 5 Februari 2019 lalu.

Dirinya mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Lanny Jaya di bawah komando Sekda Cristian Sohilait, dengan rombongan menangkap 12 orang penjual Miras .

“Setelah proses hukum dipulangkan di kampung halaman mereka. Ini kebijakan yang baik. Kami patut hormat,” katanya.

Sementara itu Ketua Solidaritas Anti Miras dan Narkoba Provinsi Papua, Yulianus Mabel mengatakan, pihaknya setuju dengan usulan pemuda Baptis Papua tersebut.

“Saya yakin, dengan adanya pos polisi tersebut, akan mengurangi peredaran Miras dari kabupaten Jayawijaya ke Kabupaten Lanny Jaya,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

loading...

Leave a Replay

Leave a Comment

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

loading...