Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemuda harus inisiatif kembangkan wisata kampung

Bupati Mathius Awoitauw (kanan) menyerahkan bantuan pendanaan saat Raker I Genpi Kabupaten Jayapura, Senin (18/11/2019) – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pengembangan kampung wisata tidak mesti menunggu pemerintah turun tangan. Generasi muda bisa memotori penggarapan potensi wisata setempat.

“Pengembangan wisata di (setiap) kampung tidak harus menunggu pemerintah yang memulainya. Pemuda yang harus membangkitkan semangat kepariwisataan dari kampung,” kata Bupati Mathius Awoitauw saat membuka Rapat Kerja I Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kabupaten Jayapura, Senin (18/11/2019).

Bupati Awoitauw tertarik dengan tema yang diusung Raker I Genpi, yakni Pariwisata Kita Bangkitkan dari Kampung ke Kota. Tema tersebut, menurutnya harus diwujudkan melalui gerakan bersama yang dimotori Genpi dan generasi muda di setiap kampung.

“Wilayah pesisir (Kabupaten Jayapura) memiliki potensi (wisata alam) luar biasa. Generasi muda harus bangkitkan semangat kepariwisataan dari kampung. Kalau bukan kita yang memulai, tidak mungkin orang lain datang dan membangun kampung,” pesan Awoitauw kepada peserta Raker Genpi Kabupaten Jayapura.

Loading...
;

Dia melanjutkan penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 menjadi momentum penting untuk mempromosikan potensi wisata kampung. Itu termasuk bagi Kampung Entiyebo di Distrik Depapre, yang menjadi lokasi Raker Genpi saat ini. “Masyarakat akan rugi ketika potensi kampung tidak dimaksimalkan sebaik mungkin untuk peningkatan ekonomi mereka.”

Ketua Genpi Kabupaten Jayapura Othis Suwae mengapresiasi pencerahan, dan pemberian bantuan sebesar Rp35 juta oleh Bupati Awoitauw. “Kami simak dan akan teruskan arahan Bapak Bupati (saat pembukaan raker) kepada kaum muda di daerah ini. Genpi juga akan memulai sebuah gerakan bersama, yakni memanfaatkan potensi dan sumber daya (pariwisata) di kampung masing-masing.” (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top