Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pemulihan jaringan listrik dan perbaikan jalan Fiji pasca-Sarai stabil

Pekerja perusahan listrik Fiji, Energy Fiji Ltd (EFL), sedang bekerja memperbaiki infrastruktur jaringan listrik. – RNZI/EFL

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Suva, Jubi – Perusahaan listrik Fiji berkata 82% jaringan listrik di pulau terbesar di negara itu, Viti Levu, telah dipulihkan kembali.

Menurut Energy Fiji Ltd (EFL), hingga pukul 6 Kamis malam kemarin (2/1/2020), 90% dari Divisi Utama Viti Levu, termasuk ibu kota, Suva, telah dipulihkan kembali jaringan listriknya.

Listrik di sekitar pulau itu mati total pada satu waktu, akibat Siklon Tropis Sarai. Hanya 50% jaringan listrik untuk Nadarivatu di Divisi Barat, menurut EFL, yang sudah kembali menyala, sementara di daerah Nadi sekitar 82 % sudah pulih.

EFL berkata pihaknya memperkirakan pada Minggu, 5 Januari, semua jaringan listrik di pulau itu seharusnya sudah pulih.

Jalan-jalan sudah mulai diperbaiki

Sementara itu, CEO Fiji Roads Authority juga mengumumkan bahwa jalan-jalan di Pulau Viti Levu sudah bisa diakses mulai Minggu.

Loading...
;

Kamal Prasad berkata tiga dari empat jalan yang tersisa di daerah di tengah-tengah pulau itu telah dibuka Jumat pagi (3/1/2020), dan yang terakhir dibuka kembali Jumat malam. Namun, masih ada 19 jalan yang saat ini hanya dapat dilewati oleh kendaraan 4WD, kata Prasad, serta ada satu persimpangan yang masih harus dibersihkan. Ia berkata persimpangan ini akan dibuka untuk semua pada Minggu, sementara 19 jalan tadi baru akan bisa diakses kendaraan 2WD dalam beberapa minggu mendatang.

“Mereka (mobil beroda dua) tidak akan bisa digunakan saat ini,” kata Prasad. “Kami berharap dalam sebulan atau lebih, lalu lintas akan lancar di 19 jalan lain yang saat ini hanya bisa digunakan keadaan 4×4.”

Sebelumnya, pusat tanggap darurat Fiji, Emergency Operations Centre, telah mengindikasikan bahwa kerusakan yang disebabkan oleh Siklon Sarai meluas.

Siklon itu menghantam daerah-daerah di sebagian besar Fiji, selama tiga hari berturut-turut, tetapi pada malam akhir tahun siklon itu sudah pergi. Dari Fiji, Sarai bergerak ke arah Tonga, namun kecepatannya sudah lebih lemah.

Pusat tersebut melaporkan bahwa beberapa tim telah dikirim ke komunitas-komunitas yang terkena dampak serangan Sarai, pada Rabu (1/1/2020), untuk melakukan penilaian kerugian penuh. Pusat itu dikatakan telah menerima laporan kerusakan rumah di empat divisi, beberapa rumah benar-benar hancur oleh siklon itu.

Menurut Emergency Operations Centre, lahan-lahan pertanian, serta fasilitas kesehatan dan pendidikan juga rusak. (RNZI)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top