Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Penanaman sejuta pohon jangan hanya pencanangan, harus dibuktikan

Partisipasi masyarakat dalam program penanaman sejuta pohon di Robonghollo dan kawasan penyangga – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kepala Dinas Pengelolaan Lingkungan Hidup (DPLH) Provinsi Papua, Marta Mandosir, mengatakan program penanaman sejuta pohon di cagar alam Robonghollo dan kawasan penyangga yang sudah dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura harus dibuktikan, tidak hanya sebatas pencanangan saja.

“Harus bergerak maju, sejuta pohon itu harus dibuktikan dengan penanaman di kawasan cagar alam, karena yang terparah ada di segmen satu. Pemukiman di kaki gunung juga harus dibersihkan,” ujar Marta, saat ditemui di Sentani, Kamis (11/7/2019).

Dikatakan, kawasan cagar alam harus menjadi hutan yang benar-benar tidak ada aktivitas aktif di kawasan tersebut.

Menurut Marta, ketika kawasan cagar alam sudah menjadi hutan yang benar-benar asri dan tanpa aktivitas manusia, maka dampak bencana yang kemungkinan akan terjadi sudah dapat diminimalisasi.

Loading...
;

“Ada petani yang diberi tanggung jawab dengan menanam vanili dan cengkih di kawasan cagar alam Robonghollo. Selain mendapat keuntungan, mereka juga akan turut menjaga kawasan ini dengan baik,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala DLH Kabupaten Jayapura, Kris Kores Tokoro, mengatakan penanaman seribu pohon tahap pertama sedang dilakukan oleh tim peduli Robonghollo, para rimbawan dari Dinas Kehutanan, serta pemerhati lingkungan dan masyarakat umum yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Dari belakang Rumah Sakit Yowari, kita akan menanam menuju wilayah yang masuk segmen satu yang paling depan hingga ke bagian timur dekat dengan Ifar Gunung,” jelasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top