HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pencaker kurang berminat isi formasi di daerah terpencil

Seleksi CPNS 2018 yang dilakukan beberapa waktu lalu – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Dari hasil seleksi Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkup Pemerintah Kabupaten Jayapura 2018, formasi pekerjaan yang dikhususkan bagi daerah terpencil sangat minim didaftar oleh para pencari kerja (pencaker).

Minat para pencaker ini lebih dominan di daerah perkotaan, sehingga jumlah formasi yang diberikan bagi daerah ini dengan kebutuhan yang ada tidak terpenuhi secara keseluruhan.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Jayapura, Aleks Rumbobiar, mengatakan dari hasil rekap data formasi yang telah dilakukan melalui seleksi CPNS belum lama ini, masih ada data ratusan formasi yang belum terpenuhi.

“Ada 140 data formasi yang belum terpenuhi dari hasil seleksi calon pegawai kemarin, sehingga data tersebut sudah kami ambil kembali untuk melihat kembali kebutuhan penerimaan pencaker yang berikutnya,” ujar Aleks saat ditemui di kantornya, Selasa (20/8/2019).

Loading...
;

Dikatakan, dalam formasi penerimaan lalu, misalnya formasi guru di Distrik Airu yang membutuhkan tenaga pendidikan sebanyak 9 orang, kenyataan yang terjadi yang mendaftar hanya 2 orang.

“Demikian pula dengan formasi tenaga medis yang masih belum terpenuhi, baik di puskesmas maupun Rumah Sakit Umum Yowari. Sehingga ke depan kami berharap formasi-formasi seperti ini dengan ruang lingkupnya dapat diterima oleh para pencaker kita,” katanya.

Sementara itu, anggota DPR Kabupaten Jayapura, Eymus Weya, mengatakan pemerintah dalam hal penerimaan seperti ini harus melihat jumlah kebutuhan tenaga kerja, sehingga dalam penerimaan nanti memang formasi-formasi yang menjadi kebutuhan mendesak yang diutamakan.

“Ini juga menjadi pembelajaran bagi setiap pencaker yang ingin mendaftar, jangan hanya memilih pada daerah-daerah yang berada pada perkotaan saja. Tetapi semua kembali kepada sumpah dan janji seorang pegawai negeri sipil saat akan menerima surat keputusan menjadi seorang pegawai negeri sipil,” ungkapya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top