HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pencalonan diri Natalius Pigai jadi pimpinan KPK mendapat dukungan

Pencalonan diri Natalius Pigai jadi pimpinan KPK mendapat dukungan

Foto ilustrasi, gedung KPK – kpk.go.id

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Tokoh Papua, Herman Yoku mendukung langkah Natalius Pigai mendaftarkan diri sebagai calon pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi atau KPK. Jika Pigai terpilih, Yoku berharap Pigai akan memberantas korupsi di Papua.

“Saya mendukung seribu persen,” ungkap Herman Yoku di Jayapura, Kamis (11/07/2018). “Saya tahu dia punya niat yang bagus untuk menyelamatkan generasi Papua yang tersisa,”ungkap mantan ketua Dewan Adat Keerom yang sekarang menjadi anggota Majelis Rakyat Papua itu kepada jurnalis Jubi.

Yoku mengatakan Pigai harus memimpin Komisi Pemberantasan Korupsi, karena kasus korupsi semakin marak di Papua. Yoku menyatakan korupsi menjamur di seluruh wilayah Papua, baik di wilayah gunung, hingga pedalaman, sehingga pembangunan di masa Otonomi Khusus Papua tidak terlihat hasilnya.

“Biar dia [Natalius Pigai] yang mengurus korupsi kita. Tidak usah orang Jakarta tangkap kita,” ungkap Yoku yang pesimis para pengambil kebijakan di Jakarta akan serius memberantas korupsi di Papua.

Yoku menilai para penegak hukum di Jakarta tidak mampu menangani korupsi di Papua. “Ada bukti banyak. Orang Jakarta pemeriksaan ke sini, kita ribut di sana. Orang (KPK) mau turun [ke Papua] tidak bisa [karena] orang [KPK] takut [dan] pulang. Kita hanya mendengar Operasi Tangkap Tangan terjadi di Indonesia bagian barat. [Padahal] di Indonesia bagian timur ini, korupsi berlangsung secara sistematis, masif, dan terstruktur. Itu yang ada di Papua,” kata Yoku.

Tokoh yang juga anggota Dewan Perwakilan Rakyat Papua, John NR Gobai juga mendukung Natalius Pigai mencalonkan diri menjadi pimpinan KPK. “Kalau dari segi kualitas, tidak diragukan. Dia itu sudah pernah menjadi komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia,”ungkap dia kepada jurnalis Jubi, Kamis.

Dinyata soal mampu atau tidaknya Natalius Pigai memberantas korupsi di Papua, Gobai menyatakan itu urusan pekerjaan Pigai sebagai orang yang mencalonkan diri. “Orang Papua tidak ada to, kita dukung [yang ada],”ujar Gobai. (*)

Catatan tambahan: Setelah berita ini diturunkan, Jubi menerima informasi bahwa Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK telah mengumumkan 192 nama pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi di Jakarta, Kamis (11/7/2019). Natalius Pigai tidak termasuk di antara 192 nama pendaftar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi. Daftar lengkap 192 nama pendaftar yang dinyatakan lolos dapat dilihat di sini.

Editor: Aryo Wisanggeni G

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Populer

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)