Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pencari kerja di Papua dimbau lirik sektor swasta

Ilustrasi para pencari kerja di Papua – Jubi/dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pemerintah Provinsi Papua mengimbau kepada pencari kerja setempat untuk tidak berpatokan hanya untuk menjadi Aparatur Sipil Negagara (ASN) saja, tetapi juga melirik sektor swasta.

Sekretaris Daerah Papua Hery Dosinaen, mengatakan sektor swasta dengan membuka lapangan kerja sendiri masih sangat minim untuk dilirik. Sementara minat untuk mendaftar sebagai CPNS sangat membludak, jumlahnya mencapai ribuan.

“Kami akan cek kenapa sektor swasta kurang diminati. Jika itu terkendala modal atau minimnya keterampilan, kami akan carikan solusi,” kata Hery Dosinaen di Jayapura, Senin (17/5/2019).

Secara terpisah, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Kependudukan Provinsi Papua, Yan Piet Rawar menilai pola pikir para pencari kerja di Bumi Cenderawasih harus terus diubah lewat pembinaan-pembinaan yang berkelanjutan.

Loading...
;

Menurut ia, hal tersebut penting dilakukan agar keterampilan kerja yang diperoleh dari pelatihan bisa digunakan untuk menciptakan lapangan kerja sendiri, tanpa harus berharap banyak hanya pada penerimaan CPNS saja.

“Ini perlu dilakukan terobosan-terobosan, setidaknya apa yang diperoleh dari pelatihan-pelatihan dapat digunakan untuk membuka lapangan kerja sendiri sehingga mampu bersaing dengan sesamanya dari luar yang datang bekerja di Papua,” kata Yan Piet Rawar.

Dia menilai, sebenarnya untuk Papua masih terbuka luas peluang dan lapangan kerja, sehingga jika ribuan lebih tersebut mau berusaha, pasti akan mendapatkan pekerjaan.

“Lapangan kerja yang terbuka luas peluangnya adalah sektor pertanian dan sektor-sktor lainnya, sehingga jika jeli para pencari kerja bisa mendapatkan pekerjaan sektor-sektor ini,” ujarnya. (*)

Editor: Syam Terrajana

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top