HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pencarian helikopter MI-17 HA difokuskan di Oksibil

Komandan Pangkalan Udara Silas Papare Sentani, Kabupaten Jayapura, Marsma TNI. Tri Bowo Budi Santoso – Jubi/Roy Ratumakin.

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Pencarian helikopter MI-17 HA milik TNI AD yang hilang kontak sejak 28 Juni 2019 lalu masih terus dilakukan. Namun, proses pencarian dipersempit di lokasi pertama kali helikopter tersebut hilang kontak yaitu di Oksibil.

Komandan Pangkalan Udara Silas Papare Sentani, Kabupaten Jayapura, Marsma TNI Tri Bowo Budi Santoso kepada Jubi mengatakan, selain memfokuskan pencarian pada satu titik, tim juga tetap menelusuri Distik Okbape, Pegunungan Bintang.

“Jadi pencaharian sudah mulai difokuskan pada awal mula helikompter tersebut hilang kontak yaitu di Oksibil, untuk pasukan yang dikerahkan di Distrik Lereh sudah dikurangi. Kami saat ini fokus di Distrik Okbape, Pegunungan Bintang,” kata Bowo, Rabu (10/7/2019).

Dalam proses pencarian itu, dua helikopter milik TNI AU dan dua pesawat CN 235 dan CN 235 MPA dikerahkan. Bowo mengatakan, proses pencarian memakan waktu lama karena medan di Papua cukup sulit untuk ditelusuri.

Loading...
;

“Kami sangat berharap mereka yang menumpangi helikopter MI-17 HA ditemukan dalam keadaan selamat,” ujarnya

Tak hanya itu, TNI juga meminta bantuan seorang pilot yang sebelumnya pernah membawa helikopter MI-17 HA, untuk mengetahui jalur atau rute dari helikopter tersebut.

“Ini untuk mengetahui, wilayah atau daerah mana saja yang sering dilalui oleh helikopter yang hilang tersebut. Kami berharap, segera ditemukan,” katanya.

Sebelumnya, Kepala Penerangan Kodam XVII Cenderawasih, Kolonel Inf Muhammad Aidi mengatakan, tim gabungan TNI, Polri, Basarnas, dan masyarakat telah melakukan pencarian helikopter di sejumlah lokasi yang berada di Kabupaten Pegunungan Bintang dan Kabupaten Jayapura. Akan tetapi, hingga kini belum ditemukan tanda-tanda keberadaan helikopter bernomor registrasi 5138 itu.

“Proses pencarian terus dilakukan hingga kini. Pencarian dari udara dilakukan sejak pukul 09.15 WP menggunakan helikopter Bell 412 milik TNI AD,” kata Aidi.

Helikopter Bell 412 itu melakukan pencarian dengan terbang dari Bandara Oksibil ke arah Distrik Okbape. Helikopter itu juga memantau dua danau yang berada di puncak gunung.

Pencarian juga dilakukan pada area yang berada dalam radius 23 mil laut arah barat luat Oksibil, ibukota Kabupaten Pegunungan Bintang, dengan ketinggian 12 ribu kaki. Pada pukul 10.05 WP. (*)

 

Editor: Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top