Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pendamping kampung harus berada di kampung dampingan

Salah satu sudut Kampung Tobati di Kota Jayapura – Jubi / Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi –  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung (DPMK) Kota Jayapura, Jacobus Itaar mengingatkan agar setiap pendamping kampung harus rajin datang ke kampung yang didampingi. Para pendamping kampung itu harus aktif memberdayakan masyarakat kampung melalui proses belajar sosial.

Itaar menyatakan sejumlah sarjana yang telah ditunjuk menjadi pendamping kampung selama ini jarang berada di kampung yang ia dampingi. “Mereka baru datang ke kampung ketika diminta datang oleh kepala kampung. Seharusnya mereka sering berada di kampung yang didampingi, sehingga setiap hari bisa membantu aparat kampung,” Itaar di Kantor Wali Kota Jayapura, Senin (25/3/19).

Meskipun meminta para pendamping kampung untuk terus berada kampung yang didampingi, Itaar menyatakan pendamping kampung tetap tidak dibebani tugas pengelolaan administrasi keuangan dan pembangunan kampung. “Tujuan penugasan pendamping kampung untuk meningkatkan kapasitas, efektivitas dan akuntabilitas pemerintahan kampung. Jadi, pendamping seharusnya meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan,” jelasnya.

Terkait perekrutan pendamping kampung, dikatakan Itaar, dilakukan oleh DPMK Papua, yang sudah didistribusikan di lima distrik di Kota Jayapura, yaitu Distrik Jayapura Selatan, Distrik Abepura, Distrik Muara Tami, Distrik Heram dan Distrik Jayapura Utara sebanyak lima orang dan empat orang tenaga ahli.

Loading...
;

“Ini sangat bermanfaat karena mereka (pendamping kampung) sangat membantu dalam pengawasan dana kampung sehingga kebutuhan masyarakat di kampung dapat terpenuhi. Lima orang yang sudah didistribusikan di kampung ini sesuai bidangnya masing-masing. Ada bidang infrastruktur, bidang usaha ekonomi dan keungan. Saya rasa lima pendamping masih kurang kalau bisa setiap kampung paling tidak ada satu pendamping sehingga bisa maksimal,” ungkapnya.

Salah satu warga Maria mengatakan, posisi pendamping kampung akan semakin kompleks kalau berada di kampung yakni berada didalam pemerintahan dan di luar pemerintahan. “Di bidang pemerintahan, pendamping desa harus memastikan penyusunan perencanaan pembangunan desa itu sesuai rancangan pembangunan jangka menengah kampung,” ujarnya.

Menurut Maria, pendamping kampung mengambil peran secara maksimal dalam kerangka pemberdayaan masyarakat di Kampung sehingga bantuan dana yang diberikan dapat dirasakan masyarakat dan pembangunan kampung juga terealisasi.

“Saya sangat mendukung kalau pendamping kampung berada di kampung karena gajinya setiap bulan pastinya dibayar oleh pemerintah sehingga tidak kerja dengan makan gaji buta. Pendamping kampung harus bekerja secara maksimal karena dana kampung sangat besar banyak. Paling tidak ada pembangunan nyata di kampung agar bisa dikatakan dana kampung itu sudah berhasil,” ungkapnya. (*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top