Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Penderita hipertensi di Kota Jayapura naik dua kali lipat

Pelayanan kesehatan di Puskesmas Kotaraja. – Jubi/Ramah

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Puskesmas Kotaraja, Titis Rinjayatri, mengatakan setiap hari kunjungan pasien di Puskesmas yang dipimpinnya mencapai 200 orang. Rata-rata pasien mengeluhkan infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan malaria.

Namun, penyakit itu bukan lagi menjadi momok bagi masyarakat Kota Jayapura. Penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi justru sedang tinggi angkanya.

“Pasien hipertensi kami yang rajin kontrol di Puskesmas ada 60 orang tapi sekarang bisa dua kali lipat naiknya. Kami dapatnya melalui program pendekatan keluarga sehat atau kami datangi dari rumah ke rumah,” ujar Titis di Puskesmas Kotaraja, Rabu (27/11/19).

Dikatakan Titis, penyebab hipertensi karena faktor keturunan, asupan garam berlebihan, kurang makan sayur dan buah, kurang minum air putih, karena merokok dan kurang olahraga.

“Kami mulai membina keluarga dengan perilaku sehat karena dari keluargalah dimulainya hidup sehat. Kami perbaiki kualitas layanan sehingga pasien datang dalam keadaan sakit, pulang sudah sehat,” jelas Titis.

Menurut Titis, perbaikan mutu layanan bukan hanya di dalam gedung Puskesmas, tapi juga langsung turun ke lingkungan masyarakat agar terlayani dengan baik melalui program pengelolaan penyakit kronis (prolanis).

Loading...
;

“Kunjungan yang banyak membuat kami memperbaiki mutu layanan kesehatan. Penyakit hipertensi ada juga yang umur 17. Mulai dari sekarang harus laksanakan pola hidup sehat supaya tensinya jadi baik dan dianjurkan kontrol ke Puskesmas,” jelas Titis.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Jayapura, Ni Nyoman Sri Antari, mengatakan hipertensi adalah penyakit tidak menular (PTM).

“Jumlah penyakit hipertensi sekarang ada 6 persen atau 26 ribu orang. Setiap tahun trennya meningkat. Makanya sekarang kurangi gula, merokok, alkohol, konsumsi garam berlebihan, banyak makan buah dan sayur, dan rajin olahraga,” jelasnya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top