Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pengakuan AS terhadap Dataran Tinggi Golan menuai protes

Ilustrasi negara- negara Timur Tengah, pixabay.com

Israel merampas Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam perang Timur Tengah 1967 dan mencaploknya pada 1981 dalam langkah yang tidak diakui dunia internasional.

Papua No. 1 News Portal | Jubi ,

Dubai, Jubi – Empat negara Teluk Arab menolak keputusan Amerika Serikat yang mengakui kedaulatan Israel atas Dataran Tinggi Golan. Riyadh memperingatkan langkah tersebut dapat merusak proses perdamaian serta berpengaruh pada stabilitas regional.

Arab Saudi, Bahrain, Qatar dan Kuwait  semua sekutu Washington yang menjadi tuan rumah pasukan Amerika  mengkritik langkah Presiden Donald Trump untuk mengakui pencaplokan 1981 oleh Israel, mereka menyatakan wilayah tersebut diduduki tanah Arab.

“Itu akan berdampak negatif yang signifikan dalam proses perdamaian di Timur Tengah serta keamanan dan stabilitas kawasan tersebut,” kata Kantor Berita Arab Saudi SPA dalam satu pernyataan, Selasa, (26/3/2019) .

Loading...
;

Baca juga : Senat AS loloskan RUU pro-Israel dan cegah penarikan pasukan

Diancam Israel, Iran ngotot pertahankan pasukannya di Suriah

Negara-negara teluk Arab menggambarkan deklarasi Senin sebagai pelanggaran nyata terhadap Piagam PBB dan hukum internasional. Kuwait dan Bahrain mengatakan mereka menyesali keputusan tersebut, saat Qatar meminta Israel untuk menghentikan pendudukannya di Dataran Tinggi Golan dan tunduk pada resolusi internasional.

Tercatat Trump, bersama dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang sedang melakukan lawatan ke Washington, pada Senin, (25/3/2019) meneken pernyataan yang secara resmi mengesahkan pengakuan AS atas Dataran Tinggi Golan sebagai wilayah Israel.

Berita terkait : Kisruh politik Israel, Netanyahu enggan gelar Pemilu lebih awal

Sistem pertahanan Suriah cegat rudal Israel

Israel merampas Dataran Tinggi Golan dari Suriah dalam perang Timur Tengah 1967 dan mencaploknya pada 1981 dalam langkah yang tidak diakui dunia internasional.

Sedangkan Arab Saudi mencela pengakuan Presiden AS Donald Trump atas pencaplokan Dataran Tinggi Golan oleh Israel.

“Upaya untuk memberlakukan pemaksaan tidak mengubah kenyataan,” kata pernyataan tersebut.

Dataran Tinggi Golan, katanya, adalah “tanah Arab Suriah yang diduduki sesuai dengan resolusi internasional terkait .

“Itu akan memiliki dampak negatif yang luas pada proses perdamaian di Timur Tengah dan keamanan serta kestabilan wilayah ini,” kata Arab Saudi. (*)

Editor : Edi Faisol

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top