Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pengawas TPS bisa rekomendasikan PSU jika ada pelanggaran

Bimtek pengawas PPS di Distrik Merauke yang diikuti ratusan orang di Swisbelt Hotel – Jubi/Frans L Kobun

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Merauke, Jubi – Anggota Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Merauke, Felix Tethol, mengungkapkan pengawas di tempat pemungutan suara (TPS) dapat merekomendasikan untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU) ketika ada pelanggaran pemilu.

“Memang tugas dan tanggung jawab pengawas TPS besar. Karena semua proses itu ujungnya ada dipungut hitung. Kalo terbukti ada pelanggaran, pengawas di TPS bisa merekomendasikan PSU,” kata Felix kepada sejumlah wartawan, Senin (25/3/2019).

Sesuai aturan, jelas dia, mereka bisa rekomendasikan untuk pemungutan suara ulang ketika ada kecurangan pemilu secara sistematis di TPS dan tak sesuai aturan yang berlaku.

Dikatakan, hari ini berlangsung pelantikan sekaligus bimbingan teknis (bimtek) bagi pengawas TPS untuk Distrik Merauke yang berjumlah 302 orang.

Loading...
;

“Besok kami akan bergerak ke lima distrik lagi yakni Sota, Semangga, Tanah Miring, Kurik, serta Malind untuk pelantikan,” ujarnya.

Sedangkan distrik lain, menurutnya, akan diputuskan setelah melihat kondisi laut. Jika gelombang memungkinkan, mereka akan bergerak. Tetapi kalau tidak, dimandatkan kepada panwas distrik melakukan bimtek.

“Nanti kami siapkan buku saku untuk dibagikan kepada pengawas TPS,” katanya.

Dikatakan, pengawas di setiap distrik, disesuaikan dengan jumlah TPS. Dengan demikian, jumlah pengawas TPS tidak sama. Paling banyak adalah wilayah Distrik Merauke.

“Kalau total TPS secara keseluruhan di Kabupaten Merauke yakni 748,”  ungkapnya.

Anggota Bawaslu lain, B. Tukedjo, menambahkan tugas dan tanggung jawab pengawas TPS sangat berat. Karena mereka ujung tombak yang melakukan pengawasan, mulai dari pencoblosan hingga perhitungan surat suara.

“Kita berharap pengawas TPS yang dilantik, dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebaik mungkin,” pintanya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top