HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pengawas TPS di Jayawijaya ditambah hampir dua kali lipat

Ilustrasi – Jubi/Dok.

Papua No. 1 News Portal | Jubi 

 

Wamena, Jubi – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, memastikan terdapat penambahan jumlah pengawas yang disesuaikan dengan banyaknya tempat pemungutan suara (TPS) pemilu 2019.

Ketua Bawaslu Jayawijaya Fredy Wamo mengatakan, awalnya jumlah pengawas sesuai TPS saat pemilu Gubernur Papua dan Bupati Jayawijaya. Namun, jumlah pengawas ditambah hampir dua kali lipat jika dibandingkan dengan jumlah pengawas pada pemilihan kepala daerah, untuk menghemat waktu pelaksanaan pemungutan suara pada Pemilu 2019.

“Kita sedang lakukan perekrutan pengawas TPS, soal berapa banyak itukan tergantung berapa TPS yang KPU keluarkan. Jumlah pengawas TPS saya belum hafal pasti, tetapi yang jelas sekitar dua kali lipat dari penambahan TPS yang dilakukan KPU,” katanya di Wamena, Rabu (27/2/2019).

Loading...
;

Ia mengatakan, penambahan TPS itu karena ada lima surat suara yang akan dicoblos sekaligus oleh seorang pemilih dan sudah pasti membutuhkan waktu yang lama di dalam bilik suara sehingga harus dibuatkan TPS tambahan untuk membagi warga salah satu lokasi yang sebelumnya atau pada 2018 melakukan pemilihan di satu TPS.

“Kalau misalnya satu orang di dalam bilik suara itu selama dua menit dikalikan dengan 500 orang dalam satu TPS misalnya, itu akan cukup lama, sehingga untuk memperpendek jumlah waktu yang dikeluarkan oleh seorang caleg maka TPS ditambah, untuk mengurangi jumlah pemilih di satu TPS,” katanya. (*)

 

Editor : Edho Sinaga

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top