Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pengelola keramba ikan air tawar akan mendapat bantuan

Keramba masyarakat di Kampung Doyo – Jubi/Engel Wally

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Sebanyak 187 kelompok pengelola keramba ikan di pesisir Danau Sentani akan mendapat bantuan benih ikan dari Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kelautan dan Perikanan.

Hal ini dikatakan oleh Kepala Dinas Kalautan dan Perikanan Provinsi Papua, Fransiscus Xaverius Mote, saat dihubungi di Sentani, Kamis (7/11/2019).

Dikatakan, bantuan bibit benih ikan sebanyak 650 ribu ekor yang akan diberikan kepada para pengelola keramba di Danau Sentani dengan tujuan untuk mendukung pelaksanaan PON XX/2020 di Kabupaten Jayapura.

“Yang lalu, kerambanya langsung ditancap pada dasar danau sehingga ketika air naik di danau waktu banjir bandang pada Marat lalu, ikan pada keluar semua. Sekarang menggunakan keramba apung,” ujar Mote.

Loading...
;

Menurutnya, penyerahan benih ikan untuk sebagian kampung sudah didistribusikan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, seperti di kelompok-kelompok yang ada di Kampung Dondai dan Yakonde.

“Ikan ini akan dipelihara hingga pelaksanaan PON 2020 di sini, para pengunjung yang datang akan menikmati ikan segar langsung dari masyarakat,” katanya.

Selain bantuan benih ikan, ada juga kontainer penyimpanan ikan, akan diberikan kepada Perintah Kabupaten Jayapura dan Kota Jayapura.

“Artinya ketika ada ikan yang sudah dipanen dan mau diawetkan bisa disimpan dalam kontainer ini. Waktunya bisa bertahan selama tiga bulan, masing-masing Kota dan Kabupaten Jayapura mendapat dua unit,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Jayapura, Rudy Saragih, mengatakan pihaknya terus melakukan sosialisasi dan pendistribusian benih ikan ke sejumlah kelompok pengelola keramba di pesisir Danau Sentani.

“Kita mulai dari bagian timur sebagai kampung wisata, lalu ke bagian tengah, dan juga barat. Masing-masing kampung mendapat 4000 hingga 6000 benih ikan dan salurkan langsung ke masing-masing kelompok yang ada,” pungkasnya. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top