Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pengelolaan destinasi wisata pasti libatkan masyarakat

Warga mengerjakan pembangunan jalan akses ke Tungkuwiri atau Bukit Teletubbies di Kampung Doyo Lama, Kabupaten Jayapura – Jubi/Engelbert wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Pengelolaan destinasi wisata di Kabupaten Jayapura dipastikan melibatkan masyarakat, terutama pemilik ulayat. Karena itu, mereka juga diminta terlibat aktif menjaga dan mengawasinya.

“Banyak tempat wisata yang belum dikelola dengan baik. Tempat tersebut sesungguhnya tidak mutlak menjadi tanggung jawab pemerintah daerah, tetapi juga masyarakat sebagai pemilik ulayat,” kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Jayapura Joko Sunaryo, Sabtu (7/12/2019).

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, lanjutnya pasti akan membantu dalam pengelolaan retribusi terhadap destinasi wisata tersebut. Restribusi bisa menjadi sumber pemasukan bagi masyarakat sebagai pengelola maupun Pemkab Jayapura.

“Kami telah menyiapkan paket-paket wisata menjelang PON XX (Pekan Olahraga Nasional 2020). Masyarakat pemilik (pengelola) obyek wisata dapat melaporkan kepada pemerintah daerah (untuk didata).

Sekretaris Kampung Doyo Lama Ricky Pangkatana mengaku objek wisata Bukit Tungkuwiri di kampungnya masih belum dikelola dengan baik. Lokasi tersebut sudah sekitar empat tahun dibuka resmi untuk umum.

Loading...
;

“Saat ini jalan (menuju lokasi) sedang dibangun masyarakat. Ke depan, Bukit Tungkuwiri akan dikelola dengan baik, apalagi sudah menjelang PON 2020,” katanya. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top