Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pengelolaan lingkungan tidak sebatas menangani sampah

Sosialisasi pengelolaan lingkungan di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, Jumat (29/11/2019) – Jubi/Engelbert Wally.

Papua No.1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Kampung adat bukan semata kesatuan masyarakat berbasiskan budaya. Kesatuan tersebut juga melingkupi kearifan dalam mengelola lingkungan.

Terkait itu, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Jayapura menyosialisasikan pengelolaan lingkungan di Kampung Yokiwa, Distrik Sentani Timur. Program tersebut melibatkan Satuan Tugas Cagar Alam Cycloop, dan masyarakat setempat.

“Kami juga melakukan aksi penanaman pohon. Kegiatannya diawali dari Kampung Yokiwa hingga ke pesisir pantai di Distrik Depapre,” kata Kepala Bidang Pengawasan Pemantauan Pemulihan Analisa dan Peran Serta Masyarakat DLH Kabupaten Jayapura Ruddy Julius Sokoy, Minggu (1/12/2019).

Sejumlah permasalahan dan kondisi di setiap kampung akan dikoordinasikan dengan pemimpin DLH Kabupaten Jayapura. Selanjutnya, dilakukan kerja sama dalam pengelolaan lingkungan.

Loading...
;

Kepala Kampung Adat Yokiwa Abraham Awoitauw mengatakan pengelolaan lingkungan tidak sebatas menangani permasalahan sampah atau kebersihan wilayah. Permasalahan lain juga harus diperhatikan agar kampung adat menjadi permukiman yang nyaman untuk ditinggali, dan juga dikunjungi wisatawan.

“Kampung adat harus mampu mengelola potensi lokal sehingga menarik orang luar (wisatawan) datang. Karena itu, lingkungan tidak boleh kotor, dan tidak boleh ada orang mabuk. Masyarakatnya harus hidup tertib,” kata Awoitauw. (*)

 

Editor: Aries Munandar

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top