HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Pengungsi di Taruna dan Kemiri hingga kini belum terima bantuan

Posko korban banjir bandang di Posko Kemiri – Jubi/Yance Wenda

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Sentani, Jubi – Hingga usai masa transisi penanganan korban banjir bandang Sentani, Kabupaten Jayapura, korban banjir yang mengungsi di Taruna dan Kemiri hingga kini belum tersentuh bantuan, baik bahan makanan (bama) maupun bantuan lainnya.

“Kami sejak pindah kembali ke sini belum ada perhatian dari Pemerintah Kabupaten Jayapura yang datang kasih bama ke kita,” kata Yendite Murib, salah seorang pengungsi di Posko Taruna, kepada Jubi di Sentani, Selasa (21/5/2019).

Murib menambahkan banyak orang yang datang mengatasnamakan dari berbagai pihak atau pemerintahan datang untuk mengambil data dan gambar namun bantuan tidak pernah ada realisasinya.

“Banyak yang datang bilang dari dinas ini dan dari dinas itu. Mereka datang ambil data dan foto-foto, tapi sampai saat ini tidak ada bantuan,” ucapnya.

Loading...
;

“Banyak orang yang mengatasnamakan posko untuk mencari untung dan tidak memikirkan masyarakat yang di posko tersebut,” imbuhnya.

Dengan data yang mereka ambil, kata Murib, mereka urus kepentingan pribadi, dengan alasan mereka menangani masyarakat di poskonya.

“Jadi kami fasilitasi, padahal itu tipu. Sudah kami ketahui tapi kami biarkan karena apa yang dilakukan itu dosa dan sama saja dia minta musibah lagi,” tutur ibu satu anak ini.

Hal lain di sampaikan Tera Wonda, pengungsi di Posko Kemiri. Posko yang ia tempati hingga kini juga belum ada bantuan.

“Kami di sini bantuan dari pemerintah belum ada juga, pendeta yang jadi koordinator sudah kasih surat ke bupati tapi belum ada jawaban,” jelasnya.

Untuk makan dan minum warga yang tinggal di posko, kata Wonda, mereka usaha sendiri.

“Kita makan minum itu masih usaha sendiri, ambil daun singkong dan daun petatas,” kata Wonda. (*)

Editor: Dewi Wulandari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top