Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Penundaan pengumuman hasil tes CPNS mal administrasi

Proses tes CPNS formasi 2018. – Jubi/Dok

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Kepala Ombudsman Republik Indonesia Provinsi Papua, Sabar Olif Iwanggin menilai penundaan pengumuman hasil tes penerimaan calon pegawai negeri sipil atau CPNS Papua formasi 2018 merupakan bentuk mal administrasi negara. Iwanggin menyatakan penundaan itu mengabaikan asas kepastian hukum.

Hal itu dinyatakan Iwanggin di Jayapura, Jumat (1/11/2019). “Tidak ada kepastian hukum terhadap masyarakatnya, dimana ini harus ada kepastian.  Sesuai dengan Undang-undang Nomor 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, ada asas-asal pemerintahan yang bersih dan baik. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi harus melihat itu,” kata Iwanggin.

Menurut Iwanggin, setiap kebijakan pemerintah seharusnya mengacu kepada asas-asal pemerintahan yang bersih dan baik, seperti asal kepastian hukum dan kemanfaatan. Kebijakan pemerintah juga tidak boleh berpihak, dan tidak boleh diskriminatif.

Iwanggin mengingatkan penundaan pengumuman hasil tes CPNS Papua berpotensi menimbulkan persoalan baru, seperti posisi tawar, penyimpangan prosedur, dan penyalahgunaan wewenang. Jika hal itu terjadi, maka korbannya adalah rakyat.

Loading...
;

Sebelumnya Kepala Badan Kepegawaian Daerah Papua, Nicolaus Wenda menyatakan pihaknya telah menerima surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negera dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) tentang hasil tes penerimaan CPNS Papua. Surat Menpan RB itu menyatakan ada sejumlah masalah dalam data kelulusan CPNS Papua, sehingga Panselnas mengkaji ulang data kelulusan itu.

Menurut Wenda, permasalah data kelulusan itu terkait dengan kebijakan afirmasi dalam penerimaan CPNS Papua. “Ini soal kebijakan 80 persen orang asli Papua atau OAP dan 20 persen non-OAP. Semua hasil yang ada harus diperiksa ulang oleh Panselnas,” kata Wenda di Jayapura, Jumat (1/11/2019).

Selain persoalan kebijakan afirmasi itu, data kelulusan itu juga harus dilengkapi dengan sejumlah dokumen administrasi. Kebijakan sejumlah kabupaten yang meminta revisi formasi penerimaan CPNS juga menjadi masalah dalam data kelulusan itu. “Kemungkinan pertengahan November 2019 akan diumumkan,” ujarnya.(*)

Editor: Aryo Wisanggeni G

Baca artikel lainnya dari

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top