Previous
Next
HARI
JAM
MENIT
DETIK

MENUJU PON PAPUA 2020

Peran media penting menginformasikan kesehatan seksual dan reproduksi

Salah satu kegiatan di Papuan Youth Festival 2019 di Kota Jayapura. – Jubi/David Sobolim

Papua No. 1 News Portal | Jubi

Jayapura, Jubi – Inti Muda Papua (IMP) menggelar Papuan Youth Festival 2019 pertama kalinya di Papua, dengan melibatkan para peserta dari kalangan pelajar, di salah satu hotel di Kota Jayapura, sejak Kamis (7/11/2019).

Tema yang diusung adalah ‘Love Yourself First’ dan sub tema ‘Pembentukan Generasi Milenial Papua Melalui Pendidikan Kesehatan Seksual dan Reproduksi’.

Dikatakan Sekretaris IMP, Ahmad Awantano, sosialisasi kepada anak muda perlu dilakukan dengan pendekatan dan bahasa yang sehari-hari mereka pakai.

“Agar mudah dipahami,” katanya, saat pemberian hadiah pemenang lomba menulis Papuan Youth Festival, Senin (11/11/2019), di Kota Jayapura.

Loading...
;

Sementara itu, Baby Rivona Nasution dari Ikatan Perempuan Positif Indonesia (IPPI), mengatakan edukasi mengenai kesehatan seksual dan reproduksi juga perlu dilakukan media massa.

“Meski tidak semua anak remaja senang membaca berita, namun tugas media massa untuk menghubungkan (memikat) mereka dengan berita-berita itu,” katanya.

Selain itu, menurut data IPPI saat ini remaja juga cenderung tertutup, apalagi untuk melakukan konseling kesehatan ke puskesmas atau pusat konseling.

“Sejauh ini data jumlah remaja yang sudah melakukan konseling di puskemas maupun pusat konseling secara resmi belum ada,” katanya.

Namun diakuinya, IPPI melalui jaringan yang sudah terjalin di masing-masing provinsi, mulai mendata persoalan yang dialami oleh remaja di tiap daerah.

“Dan itu akan menjadi catatan untuk dilakukan pendampingan secara langsung maupun tidak langsung,” katanya. (*)

 

Editor: Kristianto Galuwo

Loading...
;

Berita terkait

Sign up for our Newsletter

Dapatkan update berita terbaru dari Tabloid Jubi.

Trending today

Ads

Terkini

Foto

Rekomendasi

Follow Us

Instagram (jubicoid)

Scroll to Top